Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 8680 suara dari 9237 suara
94%
Tidak: 557 suara dari 9237 suara
6%

Gubernur DIY : DPRD DIY Harus Realisasikan Cita-Cita Proklamasi  

02 September 2019 - 15:21

 

Yogyakarta (02/09/2019) jogjaprov.go.id – Sebanyak 54 orang anggota DPRD DIY terpilih mengucapkan Sumpah/Janji Anggota DPRD DIY Masa Jabatan  2019 – 2024, Senin (02/09) di Gedung DPRD DIY, Yogyakarta. Para anggota DPRD DIY terpilih ini akan mengemban amanat dan melaksanakan kewajiban untk mengabdi kepada rakyat hingga akhir jabatan.

Terkait hal tersebut, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyampaikan,  anggota dewan adalah pemegang mandat rakyat. Tak hanya sekedar citra, namun juga harus bisa diwujudkan dalam pola pikir, perkataan dan pengambilan keputusan. Anggota dewan memiliki peran strategis dalam fungsi legislasi, fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan. Oleh karenanya, anggota dewan harus memegang teguh etika, visi, misi, dan platform partai.

Sri Sultan menambahkan, DPRD DIY diharapkan mampu menuntaskan agenda reformasi, antara lain otonomi daerah yang seluas-luasnya, penegakkan supremasi hukum, maupun pemerintahan yang bersih dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN). Kualitass DPRD harus dijaga dan dipertahankan agar tidak ikut terjerat pada bahaya laten korupsi.

"Semua jabatan hendaknya disadari sebagai amanat. Jalankan amanat dengan berbudi bawa leksana karena ngupakara amanah akan memembawa kita semua menuju tatanan hidup jaya jaya wijayanti nir ing sambekala," pesan Sri Sultan.

Saat ini menurut Sri Sultan, tantangan bagi DPRD semakin berat. DPRD harus bisa menjalankan reformasi politik total untuk menangkis isu-isu negatif yang selalu berkembang. Tantangan lain DPRD adalah terkait Pengarus Utamaan Pancasila sebagai satu-satunya dasar negara yang aktual. Oleh karena itu, Sri Sultan menghimbau pada jajaran anggota DPRD DIY terlantik untuk meluruskan niat, memperkuat komitmen, dan merapatkan barisan untuk memperkokoh sinergitas melalui upaya-upaya yang lebih konkrit, terarah, terpadu dan berkesinambungan.

“Masyarakat DIY menunggu peran saudara-saudara anggota dewan untuk cancut taliwanda merealisaskan cita-cita proklamasi. Selamat Bekerja dalam mengemban amanat rakyat. Saya percaya tugas-tugas yang harus dilaksanakan sangat luas, beragam dan tentunya sangat berat. Semoga pengabdian untuk kesejahteraan masyarakat DIY ini  mendapat perlindungan, bimbingan dan kemudahan dari-Nya,” tutup Sri Sultan.

Pada acara tersebut ditetapkan ketua DPRD DIY sementara periode 2019 – 2024 dari fraksi PDI-P, Nuryadi, S.Pd serta wakil ketua sementara dari fraksi PKS, Huda Tri Yudiana, S.T.  Dari total 54 anggota tersebut, terdiri dari 16 anggota fraksi PDI–P, 7 orang fraksi GERINDRA, 7 orang  fraksi PAN, 7 orang  fraksi PKS, 6 orang fraksi PKB, 5 orang  fraksi GOLKAR, 3 orang i fraksi NASDEM,  1 orang fraksi PSI, 1 orang fraksi PPP dan 1 orang fraksi Demokrat. Acara tersebut juga turut dihadiri Wakil Gubernur DIY, jajaran kepala OPD, jajaran anggota Forkopimda DIY, serta seluruh tamu undangan. 

Nuryadi, S.Pd., Ketua Sementara DPRD DIY 2019 - 20124 menyampaikan, akan membawa DPRD DIY periode 2019 -2024 untuk mengatasi masalah- masalah yang ada di DIY terutama yang terkait dengan penurunan angka kemiskinan, penyediaan lapangan kerja serta peningkatan PAD DIY. Untuk itu, Nuryadi meminta dukungan penuh kepada setiap anggota agar bisa melaksanakan apa yang sudah menjadi kewajiban para anggota dewan tersebut dengan baik.

Menurutnya, tantangan permasalahan tersebut merupakan cambuk bagi DPRD DIY untuk bisa berkiprah secara gemilang. Mewujudkan mandat rakyat untuk lebih sejahtera, bahagia dan mandiri. Untuk itu, Nuryadi menghimbau pada para anggota dewan tersebut untuk benar-benar serius memberikan pengabdian yang setulus-tulusnya untuk masyarakat di DIY. Bekerja tanpa pamrih, demi terciptanya kondisi masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera.

“Sejarah akan mencatat, anggota DPRD DIY masa jabatan 2019 - 2024 adalah anggota dewan yang dapat membawa dan membangun masyarakat DIY menjadi lebih sejahtera,” janji Nuryadi. (uk)

Humas Pemda DIY