Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 8510 suara dari 9037 suara
94%
Tidak: 527 suara dari 9037 suara
6%

Konsumsi Pangan Bergizi melalui Festival Pangan Lokal

11 September 2019 - 17:54

Yogyakarta (11/09/2019) jogjaprov.go.id- Acara Festival Pangan Lokal Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) tahun 2019 diselenggarakan pada tanggal 10-11 September 2019. Acara yang berlangsung dua hari ini bertempat di Ruang Wijayakusuma, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY.

Acara Festival Pangan dimeriahkan dengan tiga perlombaan yaitu Lomba Kudapan Berbahan Dasar Tepung Mocaf -Umbi-umbian, Lomba Kudapan Berbahan Dasar Tepung Pisang/Buah Berpati dan Lomba Paket Lengkap Makan Siang/Lunch Box B2SA tingkat DIY. Dengan total Peserta 45 orang  yang dibagi menjadi 15 kelompok di setiap perwakilan kabupatennya.

Adanya Festival Pangan ini bertujuan untuk mendorong penerapan konsumsi pangan B2SA dengan memanfaatkan olangan pangan lokal. Selain itu festival ini dilakukan guna mendorong kreativitas dan inovasi dalam pengembangan olahan pangan lokal bernilai komersial.

“Pemenuhan pangan sangatlah penting sebagai komponen dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas,” papar Kepala Bidang Ketahanan Pangan R. Bambang Dwi Witjaksono, SP, ME.

“Oleh karena itu pola konsumsi pangan merupakan perilaku paling penting yang dapat mempengaruhi keadaan gizi seseorang. Dalam rangka mendukung upaya tersebut, konsumsi pangan yang Beragam Bergizi Seimbang dan Aman dengan memanfaatkan pangan lokal, menjadi sangat penting untuk diterapkan dalam pola konsumsi sehari-hari,” jelas Bambang.

Untuk perlombaan Kudapan Berbahan Dasar Tepung Mocaf/Umbi-umbian dan Lomba Kudapan Berbahan Dasar Tepung Pisang/Buah Berpati ini diselenggarakan pada Selasa (10/09). Sedangkan untuk perlombaan Paket Lengkap Makan Siang/Lunch Box B2SA tingkat DIY ini diselenggarakan pada Rabu (11/09).

Peserta perlombaan Paket Lengkap Makan Siang/Lunch Box B2SA tingkat DIY ini merupakan perwakilan pemenang dari setiap Kabupatennya yang kemudian dilombakan lagi tingkat Provinsi dan dilombakan lagi untuk tingkat Nasional.

"Pada tahun ini, Festival Pangan Lokal difokuskan pada penerapan pangan Beragam, Bergizi  Seimbang dan Aman dengan mengembangkan olahan pangan lokal yang memperhatikan nilai komersial/ekonomi produk," tutur Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY  Ir. Sasongko, M.Si (lt/as)

HUMAS PEMDA DIY