Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 10548 suara dari 11340 suara
93%
Tidak: 792 suara dari 11340 suara
7%

Gubernur DIY Jamu Peserta SGATAR dalam Gala Dinner

24 Oktober 2019 - 09:23

Yogyakarta (23/10/2019) jogjaprov.go.id - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima peserta pada 49th Annual Meeting Study Group on Asian Tax Administration and Research (SGATAR) dalam gala dinner di Bangsal Pagelaran Keraton Yogyakarta, Rabu (23/10) malam. Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dirjen Pajak Republik Indonesia, Robert Pakpahan, Walikota Yogyakarta Drs. H. Haryadi Suyuti, Kapolda DIY Irjen (Pol) Ahmad Dofiri, Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI. Muh. Zamroni, Gubernur AAU Marsda Nanang Santoso, serta beberapa perwakilan Forkopimda DIY lainnya.

Gubernur DIY menuturkan bahwa rapat tersebut diharapkan dapat merumuskan tiga hal besar. “Rapat akan semakin bermakna, oleh sebab adanya beberapa harapan. Pertama, digitalisasi administrasi perpajakan dan pemajakan digital. Kedua, mengeliminasi peluang BEPS, yakni pengalihan keuntungan ke negara lain dengan tarif pajak yang rendah, atau bahkan bebas pajak. Ketiga, pertukaran informasi perpajakan dan perkembangan reformasi perpajakan di masing-masing yuridiksi,” ujar Sultan.

Lebih lanjut, Sultan juga berharap bahwa para peserta rapat juga dapat menikmati kekayaan budaya dan menikmati suasana Yogyakarta. “Adalah tepat kiranya, jika malam ini saya informasikan bahwa DIY memiliki nilai Indeks Pembangunan Kebudayaan tertinggi sebesar 73,39% di atas angka nasional sebesar 53,74%. Data ini lebih mengukuhkan predikat Yogyakarta sebagai Kota Budaya. Dimana di sini banyak galeri seni tari yang tersebar di seluruh DIY yang siap untuk dikunjungi,” jelas Sultan.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dirjen Pajak RI menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Gubernur DIY atas perkenan menerima para delegasi rapat yang berasal dari Asia, Australia, dan Selandia Baru. Di samping itu, dirinya berharap bahwa para peserta rapat nantinya juga dapat mengeksplorasi budaya dan panorama yang dimiliki Yogyakarta.

Acara gala dinner ini juga dimeriahkan oleh penampilan tari Lawung Jajar dan Srimpi Pandhelori persembahan dari KHP Kridhomardowo, sebuah divisi resmi yang bertanggungjawab terhadap kegiatan yang kesenian di dalam Keraton Yogyakarta.  

Adapun kegiatan SGATAR ke-49 ini adalah rapat tahunan yang membahas soal pajak dan keuangan. Tahun ini, SGATAR sendiri diikuti oleh 170 peserta dari sekitar 17 negara yang berada di Benua Asia, beberapa di antaranya Jepang, Malaysia, Singapura, Hong Kong, ditambah dengan Australia serta Selandia Baru dan berlangsung di Hotel Tentrem Yogyakarta pada 23-25 Oktober 2019. [vin]

Humas Pemda DIY