Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 10548 suara dari 11340 suara
93%
Tidak: 792 suara dari 11340 suara
7%

Antisipasi Bencana Kekeringan, Pemda Rencanakan Pembangunan Embung

24 Oktober 2019 - 17:20

Yogyakarta (24/10/2019) jogjaprov.go.id – Untuk menghadapi bencana kekeringan pada musim kemarau, Pemda DIY menggelar rapat koordinasi terkait penanganan bencana kekeringan di DIY untuk jangka pendek dan jangka panjang, yang dipimpin oleh penjabat Sekretaris Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, Ir. Arofa Noor Indriani, M.Si,  di ruang rapat BPBD DIY pada Kamis (24/10) siang.

Secara keseluruhan wilayah DIY yang terdampak bencana kekeringan berada di 4 kabupaten, meliputi 39 kecamatan di 111 desa. Kabupaten Gunung Kidul memiliki potensi kekeringan tertinggi, kemudian Kulonprogo, Sleman dan Bantul. Untuk mengatasi dan menangani bencana kekeringan tersebut serta  untuk menindaklanjuti arahan Gubernur DIY terkait dengan penangan kekeringan, penjabat Sekretaris Daerah DIY bersama kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) DIY melaksanakan rapat koordinasi untuk menyusun konsep dan program akan penanganan bencana kekeringan.

Adapun arahan Gubernur DIY terkait dengan penangan bencana kekeringan di DIY sebagai berikut :

  1. Segera mengadakan rapat koordinasi untuk pengambilan keputusan serta penyusunan rencana antisipasi bencana kekeringan jangkan pendek dan jangka panjang
  2. Diharapkan seluruh BPBD Kota dan provinsi saling berkoordinasi dan memastikan untuk merencanakan dan memenuhi kebutuhan masyarakat terkhusunya dengan tercukupinya air bersih sampai akhir musim kemarau
  3. Pembangunan embung-embung untuk lahan pertanian

“Kegiatan penanganan kekeringan harus mulai di susun, karena apabila memasuki musim hujan maka persoalan yang akan dibahas akan berbeda. Untuk meminimalisir kesalahan maka perencanaan harus matang sejak awal, apabila terjadi kekeringan dalam jangka panjang, kita sudah memiliki rencana dan antisipasi akan bencana tersebut” jelas Arofa.

Lebih lanjut Arofa menjelaskan, bencana kekeringan merupakan permasalahan yang harus ditindaklanjuti dengan cepat, dengan cara menyusun konsep serta rencana penanggulangannya. Karena setiap rencana membutuhkan proses, maka harus disusun sedini mungkin.

“Saya berharap, marilah bersama-sama berupaya untuk meminimalisir bencana kekeringan dan kekurangan air bersih di DIY, dengan pembuatan embung di lahan pertanian masyarakat” tutup Arofa. (Yn)

 

Humas Pemda DIY