Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 10548 suara dari 11340 suara
93%
Tidak: 792 suara dari 11340 suara
7%

Paviliun Psikiatri Dan Harfas RS. dr. S. Hardjolukito, Yogyakarta Diresmikan

04 November 2019 - 08:46

Yogyakarta (03/10/2019) jogjaprov.go.id – Kepala Staf TNI AU, Marskal TNI Yuyu Sutisna, SE.,MM., hari ini (Minggu, 03/11) meresmikan harfas dan Paviliun Psikiatri Rumah Sakit S.Hardjolukito, Yogyakarta di lingkungan Komplek Bandara Adisucipto, jalan Gedong Kuning Yogyakarta, disaksikan Penjabat Sekretaris Daerah DIY Ir. Arofa Noor Indriani, M.Si., mewakili Gubernur DIY.

Kepala Rumah Sakit dr. S. Hardjolukito, Marsekal Pertama TNI dr. Djunadi, MS. Sp.KP., dalam laporannya menjelaskan bahwa, pembangunan paviliun psikiatri ini merupakan paviliun kesehatan jiwa pertama yang ada di fasilitas kesehatan TNI Angkatan Udara, menempati tanah Milik TNI AU seluas 500 meter persegi.

Paviliun psikiatri ini selain dilengkapi dengan peralatan pendukung yang memadai, juga diperkuat oleh tenaga-tenaga terlatih sebanyak 15 perawat, yang telah mengikuti pelatihan secara professional di Rumah Sakit Grhasia, Pakem, Yogyakarta.   

Djunadi menambahkan, pembangunan gedung psikiatri di RS. Dr, S. Hardjolukito ini dilatar belakangi bahwa di Indonesia angka gangguan kesehatan jiwa (stres) sangat tinggi, sehingga memerlukan penangangan yang serius.  “Selama ini tidak sedikit pasien dengan gangguan jiwa atau depresi datang dari kalangan orang mampu, namun mereka malu kalau sampai dirawat di rumah sakit jiwa. Oleh sebab itu, paviliun psikiatri ini hadir dengan fasilitas baru yang memiliki kemampuan untuk menjaga privasi pasien secara lebih terjamin, bahkan bukan hanya pasien gangguan jiwa namun juga untuk pasien rehabilitasi narkoba,” jelas Djunadi.

Sementara itu Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., mengepresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya, bahwa RSPAU memiliki pemikiran yang jauh ke depan dengan menyiapkan tempat khusus untuk mengantisipasi pasien gangguan jiwa/stres yang ingin menjaga privasinya. Untuk itu Kepala Staf TNI Angkatan Udara RI  berharap, agar Rumah Sakit dr. S. Hardjolukito dapat menjaga dan memanfaatkan fasilitas yang ada dengan sebaik-baiknya bahkan meningkatkan fasilitasnya, sehingga dapat memberi pelayanan psikiatri yang terbaik kepada keluarga besar TNI AU, TNI AD maupun masyarakat Yogyakarta.

Peresmian selesainya pembangunan gedung harfas dan paviliun psikiatri RS. S.Hardjolukito ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Kepala Staf TNI AU didampingi Ketua Umum Pia Ardhya Garini Ny. Ayu Yuyu Sutisna, disaksikan Penjabat Sekda DIY Ir. Arofa Noor Indriani, dilanjutkan dengan peninjauan fasilitas/peralatan penunjang perawatan paviliun Psikiatri.

Turut  hadir dalam kesempatan itu, Direktur RSJ Grhasia dr. Ahmad Akhadi, para pejabat Mabes TNI AU dan RSPAU serta jajaran pejabat TNI AU di Adisucipto(kr/aul)

 

Humas DIY