Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 10548 suara dari 11340 suara
93%
Tidak: 792 suara dari 11340 suara
7%

Anggota DPRD Bantul Ikuti Pembekalan di Hotel Sahid Rich

06 November 2019 - 12:12

Yogyakarta (5/11/2019) jogjaprov.go.id – Menyamakan persepsi antara eksekutif dengan legislatif menjadi hal yang penting di dalam memecahkan permasalahan/persoalan dalam tugas dan fungsinya sehari-hari ketika menghadapi tuntutan masayarakat dalam pembangun daerah.

Hal demikian disampaikan Penjabat Sekretaris Daerah DIY, Ir. Arofa Noor Indriani M.Si, ketika membuka orientasi atau pembekalan anggota DPRD Kabupaten Bantul yang diselenggarakan Badan Pendidikan dan Latihan (Bandiklat) DIY di Hotel Sahid Rich Jalan Magelang Yogyakarta, Selasa (5/11) malam.

Dalam kesempatan itu pula Arofa mengatakan bahwa kesetaraan dan kemitraan adalah kedudukan dan sifat yang melandasi hubungan antara eksekutif dengan legislatif (Pemda dengan DPRD) dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

DPRD harus selalu mencermati isu dan masalah pembangunan daerah. Pembangunan daerah harus dilaksanakan dalam rangka menjawab tujuan pembangunan itu sendiri yang harus dikaitkan dengan adanya pergeseran paradigma dari government menjadi governance. Selain itu, Arofa menyampaikan harapannya agar peran dan fungsi DPRD dapat dioptimalkan apabila DPRD dalam melaksanakan tugasnya dengan efektif melalui pelaksanaan orientasi dasar politik yang mengacu kepada indikator pelaksanaan mandat yang baik.

Menurut Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Bandiklat) DIY, Dr. Ir. Kuncoro Cahyo Aji, M.Si,bahwa orientasi anggota DPRD Kabupaten Bantul diikuti sebanyak 45 anggota mulai dari tanggal 5 hingga 8 November 2019 yang berlangsung di Hotel Sahid Rich, Jl Magelang Yogyakarta.

Adapun tujuan dislengarakannya orientassi anggota DPRD tersebut adalah untuk membekali peserta terkait pengenalan tugas dan fungsi anggota DPRD sebagai unsur penyelenggaran pemerintahan daerah. serta  untuk meningkatkan kompetensi, profesionalitas dan integritas para anggota dewan.

Sedangkan yang melandasi diselenggarakannya orientasi/pembekalan anggota dewan yaitu diamanahkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.14 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 133 Tahun 2017 tentang Orientasi dan Pendalaman Tugas Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota bahwa orientasi dilakukan satu kali pada awal masa jabatan setelah pengucapan sumpah/jabatan anggota DPRD dan pendalaman tugas anggota DPRD dilakukan setelah mengikuti prientasi.

Ketua DPRD Bantul, Hanung Raharjo S.T dalam sambutannya mengatakan bahwa sebagai anggota DPRD berhak untuk mendapatkan tambahan pengetahuan ataupun tambahan pengembangan kapasitas sehingga  dalam menjalankan tugas dan fungsinyapun bisa optimal.

Lebih lanjut Hanung Raharjo S.T berharap anggota DPRD yang mengikuti orientasi ini lebih  bisa mengerti, memahami serta mengenal tugas dan pokok fungsi sebagai anggota DPRD serta mendapatkan tambahan wawasan yang pada akhirnya lebih bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Bantul.

Turut hadir pada pembukaan orientasi anggota DPRD Kabupaten Bantul, Sekretaris Dewan Kabupaten  Bantul, Prapto Nugraha, S.Sos, M.H. (kr/han)

Humas DIY