Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 10419 suara dari 11196 suara
93%
Tidak: 777 suara dari 11196 suara
7%

Kadarmanta Baskara Aji Jadi Sekda DIY

06 November 2019 - 13:14

Yogyakarta (06/11/2019) jogjaprov.go.id - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X melantik Drs. Kadarmanta Baskara Aji sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) DIY. Penetapan Sekda DIY ini dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 123/TPA Tahun 2019.

Pelantikan yang dihadiri seluruh Forkopimda DIY dan seluruh OPD DIY ini dilakukan di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta pada Rabu (06/11). Pelantikan ini dihadiri pula oleh Sekda DIY periode sebelumnya, Ir. Gatot Saptadi, MT dan Pj Sekda DIY, Ir Arofa Noor Indriani, M.Si.

Dalam sambutannya, Gubernur DIY menegaskan, Sekda harus hadir sebagai akselerator pembangunan. Untuk wilayah DIY, proyek pembangunan yang perlu menjadi perhatian di antaranya, pembangunan aerotropolis dan prasarana konektivitas Yogyakarta International Airport (YIA), baik ke arah Yogyakarta maupun ke wilayah Joglo-Semar. Selain itu ada pula penyelesaian pembangunan JJLS, Pelabuhan Tanjung Adikarto, Marine Techno Park, Agro Techno Park.

“Demikian pula, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) berbasis ekonomi kreatif, jalan tol Jogja-Solo, dan Jogja-Bawen, kawasan strategis keistimewaan DIY, yang meliputi aspek pelestarian sosial budaya, historis, alam, aspek cagar budaya, dan kawasan Geo-Heritage,” imbuh Sri Sultan.

Diungkapkan Sri Sultan, selama lima tahun ini, beliau dibantu oleh tiga Sekda untuk menyiapkan fondasi peradaban baru. Peradaban baru ini yang kemudian digunakan dalam keseharian perumusan RPIM DIY DIY 2017-2022. Guna pencapaiannya, dibutuhkan dukungan penuh dari kebijakan kabupaten/kota dengan kata kunci ‘Strategi-Silang’.

“Sayangnya, kita belum memiliki strategi-silang yang terstruktur dan terukur dengan menggunakan manajemen dana untuk penyebaran visi dan misi menjadi strategi. Jika strategi ini disimplifikasikan secara sederhana, niscaya kerja sama antar level birokrasi dan antar OPD akan berjalan dengan baik,” kata Sri Sultan.

Sri Sultan menambahkan, semua itu perlu dikembangkan oleh Sekda dengan rencana dan langkah strategis. Ini karena pelaksanaan kebijakan menuntut budaya kerja yang harus ditingkatkan kualitasnya, agar misi terlaksana menjadi aksi. Dalam hal ini, menurut Sri Sultan hubungan antar pribadi menjadi faktor penting sebagai media komunikasi, koordinasi, dan integrasi.

“Semua itu harus dilakukan dengan tindakan yang cepat untuk mengantisipasi pesatnya perubahan lingkungan strategis yang sering berada di luar ketentuan. Hal ini menuntut keberanian Sekda dalam mengambil risiko untuk bertindak out off the box yang terukur dan akuntabel,” paparnya.

Kadarmanta Baskara Aji sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY. Usai pelantikan, Sri Sultan pun mengungkapkan akan menunjuk Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset, Bambang Wisnu Handoyo sebagai Plt Kepala Disdikpora DIY untuk sementara waktu.

Sementara itu, Sekda DIY, yang akrab disapa Aji ini mengatakan, sebagai Sekda yang baru, banyak tugas-tugas yang harus ia selesaikan. Karena itu, dirinya membutuhkan dukungan dari para OPD, baik dalam menyelesaikan tugas yang baru maupun menyelesaikan tugas yang sudah diawali oleh Sekda sebelumnya dan Pj Sekda.

“Kalau kita semua bisa bekerja sama, tentu akan ada percepatan. Ke depan yang harus diselesaikan, tentu karena saya orang baru di Sekretariatan Daerah, saya akan segera melakukan koordinasi untuk menyusun agenda apa saja yang harus dillaksanakan, siapa yang melaksanakan, kapan waktunya, target mutu apa, dan target penyelesaiannya kapan,” imbuhnya.

Aji menambahkan, seluruh pekerjaan nantinya akan ia jadwalkan berdasarkan prioritas. Bahkan jika memang bisa, dua sampai tiga pekerjaan akan dilakukan secara bersamaan. (Rt)

HUMAS DIY