Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 10419 suara dari 11196 suara
93%
Tidak: 777 suara dari 11196 suara
7%

Pengajian Pejabat dan Aparat DIY Putaran 11

06 November 2019 - 16:11

Yogyakarta (06/11/2019) jogjaprov.go.id - Seperti sabda Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam: Man salaka thariqan yaltamisu fihi ilman sahhalallohu lahu bihi thariqan ilal jannati. “Barangsiapa menempuh jalan menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan jalannya untuk menuju surga” (HR. At Tirmidzi no. 2682, Abu Daud no. 3641, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abu Daud).

Demikian yang disampaikan oleh Ust. dr. H. Agus Taufiurrahman, Sp.S., M.Kes., selaku penceramah pada Pengajian Rutin Pejabat dan Aparat Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengajian putaran ke-11 kali ini bertema “Menuju Generasi milenial yang Sehat Secara Mental dan Spiritual”, dilaksanakan pada Rabu (06/11) di Gedung Sabang Merauke, Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta.

Dalam tausiyahnya Ust. Agus mengatakan bahwa siapapun dia, generasi milenial atau bukan itu butuh sehat. Ada beberapa penyakit yang terjadi akibat kesalahan pola makan, kesalahan pola pikir, dan kesalahan pola tidur. Dari kesalahan pola tersebut bisa menjadikan manusia tidak sehat mental dan spiritual.

Dikatakannya lebih lanjut, menurut Rasulullah yang sering dilupakan manusia yaitu : jaga lima hal sebelum lima hal yang lain yaitu : sehat sebelum sakit, muda sebelum tua, kaya sebelum miskin, lapang sebelum sempit, hidup sebelum mati.

“Jaga sehatmu sebelum sakitmu, itu merupakan perintah Rasulullah”, tandas Agus. Dalam Islam menjalankan perintah Rasulullah adalah bagian dari ibadah, maka apabila melakukan seluruh aktivitas yang bertujuan agar sehat, jangan sampai lupa bahwa hal tersebut adalah nasehat Rasulullah untuk kita. Karenanya menjaga kesehatan adalah mengamalkan sunnah Rasul dan merupakan dari bagian dari ibadah dan bagian dari amal sholeh.

Sementara itu dalam sambutan Kepala Gubernur Akademi Angkatan Udara yang disampaikan oleh Kolonel Suparno S.T., menyampaikan kegiatan pengajian kali ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan juga upaya memupuk sikap mental pribadi Aparat Pemerintah sebagaimana peran dan tugasnya masing-masing.

“Sebagai umat muslim, kita meyakini bahwa dengan iman dan taqwa kita akan dapat mengatasi berbagai persoalan hidup. Dengan iman dan taqwa pula akan lahir pribadi yang memiliki akhlak baik yang akan menjadi rahmat bagi lingkungan sekitarnya,” tambah Suparno dihadapan 500 orang peserta pengajian dari Pejabat dan Aparat Pemerintahan DIY.

Pengajian kali ini diawali dengan pembacaan kalam ilahi oleh Ahmad Nabil Mubarak, selanjutnya pembacaan tahlil dan dzikir oleh Ust. H. Faturahim, S.Ag., dan ditutup dengan pembacaan pengumuman untuk pengajian putaran ke-12 akan bertempat di Kanwil Kemenag DIY dengan penceramah KH. Irwan Masduki selaku Pengasuh Ponpes Mlangi Yogyakarta. (au/teb)