Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 10419 suara dari 11196 suara
93%
Tidak: 777 suara dari 11196 suara
7%

Tumbuhkan Nasionalisme Melalui Serenade Bunga Bangsa

08 November 2019 - 17:03

Yogyakarta (08/11/2019) jogjaprov.go.id - Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Dinas Kebudayaan DIY siap menggelar serangkaian acara. Salah satu yang spesial adalah Konser Musik Serenade Bunga Bangsa yang akan digelar pada Minggu (10/11) mendatang di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara pukul 18.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Hal tersebut dikemukakan Kabid Pemeliharaan dan Pengembangan Sejarah, Bahasa Sastra, dan Permuseuman Dinas Kebudayaan DIY, Rully Andriadi, S.S. pada konferensi pers,  Jumat (08/11) di Media Center, Baleworo, Kompleks Kepatihan Yogyakarta.

Rully menyampaikan, Serenade Bunga Bangsa merupakan Konser Musik String Orkesta dan Paduan Suara yang melibatkan 140 Seniman diantaranya, pemusik, paduan suara, video grapher dan pelaku seni macapat. Nantinya event ini juga akan dihadiri 450 siswa, dan masyarakat umum.

Menurut Rully, acara yang terbuka untuk umum dan gratis ini merupakan bentuk kerjasama antara Dinas Kebudayaan DIY dengan UPT TMP Kusumanegara, Dinas Sosial DIY, Allilaqus String Chamber Orchestra, Con Amore Voice, Komunitas Sejarah Djokjakarta 1945 serta Asosiasi Guru Sejarah Indonesia(AGSI).

“Acara ini diharapkan mampu menggugah rasa nasionalisme dan membangkitkan rasa menghargai pahlawan bagi kaum milenial. Dengan cara ini pendekatan kami pada mereka untuk menumbuhkan nasionalisme bisa lebih mudah diterima. Oleh karena itu kami menggandeng berbagai pihak agar menyajikan acara yang luar biasa, karean nasionalisme merupakan tanggung jawab kita bersama,” ungkap Rully.

Serenade Bunga Bangsa digelar dengan tujuan untuk menginternalisasikan nilai-nilai kepahlawanan, nasionalisme, dan patriotisme kepada generasi muda. Selain itu diharapkan juga bisa menjadi wadah ekspresi kecintaan masyarakat terhadap Tanah Air Indonesia melaui musik, membuat dokumentasi lagu nasional. Hal ini juga merupakan salah satu wadah sosialisasi  pengusulan tanggal 01 Maret sebagai Hari Penegakan Kedaulatan. (adg)

Humas Pemda DIY