Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 10548 suara dari 11340 suara
93%
Tidak: 792 suara dari 11340 suara
7%

Literasi Pencegahan Terorisme dan Radikalisme

12 November 2019 - 08:07

(Yogyakarta, 11/11/2019) Dinas Komunikasi dan Informatika DIY menyelenggarakan Kegiatan Literasi Pencegahan Terorisme dan Radikalisme di Kantor Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta. Acara ini dihadiri oleh beberapa komunitas masyarakat, tokoh masyarakat serta warga sekitar pada Senin, 11 Oktober 2019.

Acara dimulai pukul 09.00 WIB dengan pemaparan materi dari narasumber pertama yakni Bp. Prof. Drs. Mukhtasar Syamsuddin, M.Hum., Ph.D of Arts selaku Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme yang menyampaikan materi mengenai peran FKPT dalam pencegahan terorisme dan radikalisme. Dalam materinya,beliau mengingatkan kita semua untuk selalu melakukan de-radikalisasi, yakni melawan proses radikalisasi dalam diri seseorang dengan cara membuka paradigma,mindset,wawasan,dan menerima perbedaan, namun harus tetap waspada.

Narasumber kedua adalah Ketua Komisi A DPRD DIY, Bp. Eko Suwanto, S.T., M.Si yang menyampaikan materi terkait strategi pencegahan terorisme dan radikalisme di DIY. Beliau menekankan agar kita terus mengembangkan rasa toleransi dengan menerapkan 3 istilah penting dalam bahasa jawa yakni Tepung, Dunung, dan Srawung.

Narasumber terakhir dalam acara ini yakni Kepala Dinas Kominfo DIY, Ir. Rony Primantohari., M.T yang menyampaikan materi tentang optimalisasi pemanfaatan TIK. Beliau mengingatkan untuk selalu mewaspadai konten-konten di media sosial yang sumbernya tidak jelas, juga harus bijak dalam menggunakan media sosial karena jejak digital yang kita buat tidak akan pernah terhapus.

Kegiatan ini juga turut dimeriahkan dengan hiburan stand up comedy oleh Bayu Wibowo finalis SUCA 4.

Acara diakhir dengan sesi diskusi dan tanya jawab dan berakhir pukul 12.30 WIB.