Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 10548 suara dari 11340 suara
93%
Tidak: 792 suara dari 11340 suara
7%

Beri Layanan Optimal, Airport Community Gelar Forum Diskusi

13 November 2019 - 14:05

Yogyakarta (13/11/2019) jogjaprov.go.id – Keselamatan transportasi jalan maupun udara merupakan masalah global yang semata – mata bukan menjadi masalah transportasi saja, akan tetapi sudah mencakup permasalahan sosial kemasyarakatan. Untuk itu, kepedulian terhadap keselamatan transportasi di Indonesia telah menjadi program nasional yang dituangkan dalam Aksi Keselamatan Jalan Nasional 2011–2020.

Wakil Gubenur DIY, KGPAA Paku Alam X menyampaikan pesan tersebut pada Rabu (13/11) pagi Gedhong Pracimosono, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta dalam acara Visit Member Commitee Fal (Facilition of International Air Transportation) & Coffee Morning Airport Community. Dalam kesempatan tersebut turut hadir Sekda DIY Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji, General Manager PT. Angkasa Pura I Kolonel Pnb Agus Pandu Purnama, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara Adisutjipto Kolonel Pnb Ir. Bob Henry Panggabean, Kepala Dinas Pariwisata Singgih Raharjo, SH., ME.d.

"Saya sangat mendukung baik apa yang telah dilakukan dalam upaya mengoptimalkan kinerja di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. Saya berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap bulan sehingga informasi terkait penerbangan, dan permasalahan-permasalahan dalam operasional di Bandara dapat terselesaikan melalui kegiatan ini," ujar Sri Paduka saat menyampaikan sambutannya.

Wakil Gubernunr DIY menambahkan,“ Saya secara pribadi sangat antusias dan mendukung upaya-upaya tersebut, hal ini dapat digunakan untuk memberikan penanganan dan pelayanan kepada pengguna jasa penerbangan di DIY secara optimal,” jelas Sri Paduka. Tak hanya peningkatan kinerja di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, upaya ini juga harus dapat dilakukan di Bandara Internasional Yogyakarta (BIY).

Lebih lanjut, Sri Paduka menuturkan bahwa peningkatan kualitas layanan kebandarudaraan akan berkaitan dengan dengan kepariwisataan DIY. Dalam hal ini, Pemda DIY harus melakukan peningkatan pemasaran pariwisata nasional dalam rangka upaya mendatangkan atau meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara di DIY.

Pada kesempatan yang sama, Sekda DIY turut menyampaikan pentingnya kolaborasi pihak-pihak terkait kebardarudaraan dan pariwisata di DIY.“ Saya menyadari bahwa pada pertemuan pertemuan bulanan ini dalam rangka supaya para pelaku usaha–usaha tidak mandiri, tidak sendiri–sendiri tetapi berkolaborasi untuk memajukan usaha di bidang pariwisata, kerjinan, dan trasportasi,” tutur Baskara Aji.

Di sisi lain, ada tiga pokok kebijakan yang dijadikan sebagai acuan. Pertama, yakni peningkatan pembangunan transportasi dalam mendukung destinasi pariwisata dalam usaha meningkatkan daya tarik daerah tujuan wisata. Hal yang kedua adalah pembangunan industri pariwisata diarahkan untuk meningkatkan partisipasi usaha lokal dalam industri pariwisata nasional serta terakhir adalah meningkatkan keragaman dan daya saing produk lokal ke taraf internasional.

Selain pembahasan mengenai peningkatan kualitas layanan badar udara, dalam pertemuan tersebut dibahas pula mengenai promosi dan sosialisasi agenda Jogja Heboh, pemindahan sebagian penerbangan ke BIY, peningkatan pengguna paket wisata di DIY. [kt/vin]

 

Humas Pemda DIY