Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 10548 suara dari 11340 suara
93%
Tidak: 792 suara dari 11340 suara
7%

AJAK GenRe Indonesia Menuju Masa Depan Cemerlang

16 November 2019 - 11:27

Bantul (16/11/2019) jogjaprov.go.id – Generasi muda sebagai akar dari pembangunan masa depan Indonesia harus memiliki rencana yang matang untuk menentukan masa depan. Rencana para generasi muda inilah yang nantiya akn menentukan  berhasil atau tidaknya pembangunan Indonesia.

Demikian diungkapkan Sekda DIY, Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji usai membuka acara Ajang Kreatif Produktif (AJAK) GenRe Indonesia, yang  diselenggarakan oleh Generasi Berencana (GenRe), Sabtu (16/11) di Hotel Grand Dafam Rohan, Bantul, Yogyakarta. GenRe sendiri adalah  program milik BKKN yang anak muda yang memiliki rencana positif, produktif dan inovatif demi masa depan.

Aji menyampaikan, memang saat ini Pemda DIY sedang berupaya membangun generasi muda dari berbagai macam sektor. Harus ada bekal pendidikan, kebudayaan, pemerintahan, kesehatan, bahkan politik yang diberikan pada remaja agar menjadi generasi muda yang berkualitas. Untuk itu, generasi muda memang diharapkan mampu memiliki rencana yang matang untuk melangkah dan mempersiapkan diri menghadapi masa depan.

“Generasi muda kita harus memiliki rencana kedepan mau jadi apa, jalan hudup seperti apa, karir seperti apa. Dia juga harus memiliki rencana untuk lingkungannya,” ujar Sekda DIY.

Aji mengaku sangat senang dengan adanya acara ini karena bisa menjadi ajang pertukaran informasi possitif bagi para generasi muda yang peduli terhadap kelangsungan pembangunan Indonesia. Melihat konsep acara yang memang tujuan utamanya adalah sebagai sosialisasi mencegah pernikahan dini, meghindarkan remaja dari bahaya Narkoba, serta menghindarkan remaja dari pergaulan bebas ini, Aji sangat mendukung langkah BKKBN ini. Sekda DIY ini berharap sosialisasi terus menerus yang dilakukan oleh BKKBN kepada generasi muda ini dapat menjamin masa depan remaja, membangun karakter,mengurangi pengangguran di masa depan, dan meminimalisir resiko negatif di masa depan.  

“Saya mengapresiasi program GenRe BKKBN ini mengingat keberhasilan pembangunan tergantung dari rencana. Kepada generasi muda saya menghimbau untuk belajar terus. apapun yang didapat ambil sisi positif dan rencanakan sebaik-baiknya masa depan kalian. Jangan nikah dini jangan salah gunakan narkoba,dan rencanakan segala sesuatunya sebelum melangkah,” ujar Aji.

Plt. Kepala BKKBN DIY, Rohdhiana Sumariati S.Sos M.Sc menyampaikan, jumlah remaja yang besar memang mampu meningkatkan kualitas pembangunan suatu negara. Namun hal tersebut hanya terwujud apabila didukung dengan kuatlitas fisik seperti pendidikan, kesehatan dan ekonomi serta kualitas non fisik seperti sikap dan prilaku. DIY sendiri memiliki jumlah remaja yang besar. Maka sudah sewajarnya DIY turut andil melahirkan remaja yang berkualitas demi Indonesia.

“DIY merupakan daerah istimewa yang syarat budaya dan karakter yang luhur, sudah sewajarnya kita dorong anak-anak mejadi pribadi yang memegang teguh budaya DIY sehingga memiliki sikap dan prilaku yang elok,” jelas Rohidana.

Pada acara Ajak ini, BKKBN juga menggelar lomba poster Ajak GenRe Indonesia. Lomba tersebut digelar guna mendukung peningkatan kreatifitas sekaligus mengkampanyekan generasi muda yang berkualitas. Lomba diikuti oleh sebanyak 30 orang remaja dari tingkat SMP hingga mahasiswa.

“Kita ingin menunjukan, ini lho generasi muda yang penuh rencana ini, mampu berkreasi, produktif dan berprestasi. Tanpa Narkoba dan seks bebas, generasi muda mampu menjadi angin segar bagi pembangunan Indonesia di masa mendatang,” tutup Rohdiana. (uk)

Humas Pemda DIY