Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 10548 suara dari 11340 suara
93%
Tidak: 792 suara dari 11340 suara
7%

Rakor Inovasi Desa 2019: Wujudkan Desa Eksotis

20 November 2019 - 10:05

Yogyakarta (19/11/2019) Jogjaprov.go.id – Apresiasi selalu diberikan kepada peserta atau masyarakat yang telah berkontribusi dalam menginovasi desa. Misalnya dalam program inovasi desa yang telah berjalan selama 2 tahun. Masyarakat yang berusaha sendiri dalam memajukan desa, hasilnya tidak akan optimal dibandingkan melakukannya  bersama-sama. Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji menyampaikan hal demikian saat menghadiri sekaligus membuka Rapat Koordinasi Evaluasi Program Inovasi Desa Daerah DIY Tahun Anggaran 2019. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Biro Bina Pemberdayaan Masyarakat Setda DIY dan digelar pada Selasa (19/11) malam di Hotel Eastparc, Yogyakarta. 

Rapat yang mengusung tema “Rakor Evaluasi sebagai Upaya Perbaikan Kualitas Perencanaan dan Penganggaran Desa Berbasis Inovasi” ini berlangsung selama 4 hari yakni 19–22 November 2019 dan dihadiri 162 orang. Seremonial pembukaan ditandai dengan pemukulan bende oleh Sekda DIY didampingi oleh Ketua Panitia yang juga merupakan Kepala Bagian Penguatan Kelembagaan dan Sistem Pengembangan SDM Biro Bermas, Drs. Muhammad Qhosim, Kepala Biro Bina Pemberdayaan Masyarakat Sekda DIY, dr. Etty Kumolowati, M.Kes dan Kepala Bappeda DIY, Budi Wibowo, SH, MH.

Sekda DIY menambahkan, "Jika untuk berinovasi sangat sulit, maka kita harus mengubah mindset kita untuk menjadi lebih maju dan dapat mewujudkan desa yang eksotis. Selain itu, peran masyarakat desa sangat penting. Untuk saat ini, peserta dapat memosisikan dirinya sebagai problem solver atau visioner yang dapat memberikan dorongan, motivasi dan penghargaan kepada masyarakat desa. Pesan saya, jangan pernah berhenti, jangan pernah lelah, jangan pernah ragu–ragu untuk selalu memajukan desa masing-masing walaupun program inovasi sudah selesai tetapi kiprah Ibu Bapak masih kita harapkan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Drs. Muhammad Qhosim menyampaikan, “Rapat koordinasi ini dilaksanakan dalam rangka mengevaluasi pelaksanaan program inovasi desa tingkat daerah DIY tahun 2019 serta mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa dengan target untuk memberikan referensi berupa berbagai kegiatan inovatif pembangunan desa,” ujar Qoshim.

Dalam rapat tersebut dipaparkan beberapa butir materi yang dibahas yakni pembinaan dan pengendalian pelaksanaan program evaluasi desa, pokok–pokok kebijakan program lingkup PPMD, kebijakan kementrian desa terkait strategi program inovasi desa, strategi kegiatan peningkatan kapasitas bagi para pelaku program dalam meningkatkan kualitas output PID.

Di samping pembahasan materi, dilakukan pula pembahasan strategi, diantaranya adalah strategi perencanaan dan penganggaran desa yang lebih berkualitas dengan pemanfaatan hasil inovasi desa, evaluasi pelaksanaan penyaluran DOK BID, serta evaluasi terhadap program–program prioritas kementerian desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi. Tak ketinggalan, pada kesempatan tersebut turut dirumuskan langkah–langkah pemecahan masalah yang timbul selama pelaksanaan PID, evaluasi perkembangan kinerja program sesuai RKTN, evaluasi pelaksanaan kegiatan penanganan dan pencegahan stunting PSDM, evaluasi pelaporan program invasi desa, dan konsolidasi rencana kerja tindak lanjut. (kt/han*)

Humas Pemda DIY