Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 10548 suara dari 11340 suara
93%
Tidak: 792 suara dari 11340 suara
7%

Sekda DIY Terima Kunjungan pimpinan Suruga Miyagawa Company Jepang

21 November 2019 - 08:01

Yogyakarta (20/11/2019) Jogjaprov.go.id – Kebutuhan berbahasa Jepang masih sangat banyak diminati oleh masyarakat, khususnya pelajar SMA/SMK dan tenaga kerja yang ingin mengasah kemampuan serta potensinya di negara yang memiliki julukan bunga sakura itu. Sekretaris Daerah DIY Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji, menyampaikan hal demikian pada Kunjungan Saruga Miyagawa beserta jajarannya pada Rabu (20/11) bertempat di Ruang Rapat Sekda, Kompleks Kepatihan Yogyakarta.

Kunjungan Miyagawa ke Yogyakarta adalah untuk berkoordinasi dengan Sekretaris Daerah DIY mengenai pembukaan lembaga kursus Bahasa Jepang yang bertujuan membantu tenaga kerja Indonesia dalam menguasai bahasa Jepang N4 dan N5. Adapun istilah N4 ini dapat disamaratakan dengan skor toefl 600, sedangkan N5 dapat disamakan dengan skor toefl 500.

Dalam perbincangan tersebut, Miyagawa memaparkan ada 14 sektor pekerjaan yang membutuhkan tenaga kerja. Tetapi hanya dua sektor lapangan pekerjaan yang ditawarkan yaitu mekanik otomotif khusus truck dan caregiver (Perawat Orang Tua).  Dalam hal ini BLPT (Badan Latihan Pendidikan Teknik) bekerja sama untuk membina serta melihat kemampuan pelajar dan masyarakat yang ingin bekerja di Jepang. Adapun 2 sistem lowongan yang ditawarkan yaitu magang selama 3 tahun dengan persyaratan tenaga kerja harus memiliki kemampuan berbahasa Jepang minimal pada tingkat N5 dan permanen selama 5 tahun dengan persyaratan tenaga kerja harus memiliki kemampuan berbahasa Jepang minimal pada tingkat N4.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji  menyatakan harapannya kepada Suruga Miyagawa agar bisa menggandeng BLPT (Badan Latihan Pendidikan Teknik) untuk melihat kemampuan dan skill pelajar dan masyarakat yang berkompeten serta dapat berkomunikasi dan  kerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY. “Saya menyambut baik mengenai rencana pembukaan lembaga kursus bahasa Jepang ini, karena anak – anak SMA/SMK dapat mempelajari bahasa Jepang hingga tingkat N4 dan selain itu anak – anak pun dapat mempelajari budaya Jepang untuk menyesuaikan diri saat bekerja disana.” Ujar Aji

Di Yogyakarta, hingga saat ini belum ada lembaga kursus bahasa Jepang yang menyediakan fasilitas hingga tingkat N4. Maka dari itu Miyagawa akan membuka kelas bahasa Jepang sesuai dengan jumlah peminat yang ada. Setiap tahunnya tenaga kerja yang telah memenuhi kualifikasi akan diberangkatkan ke Jepang dengan jumlah 150 – 200 orang

 

Dalam pertemuannya dengan Sekda DIY  yang didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY  dr. Andung Prihadi Santosa. M. Kes tersebut,  Miyagawa menjelaskan bahwa perusahaan yang dipimpinnya saat ini menyediakan peluang bekerja  di dua pilihan. Kesempatan tersebut adalah program magang selama 3 tahun dan permanen selama 5 tahun. Khusus untuk kerja permanen tersebut dibuka pada tahun 2019.  

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Dr. Andung Prihadi Santosa M. Kes dalam wawancaranya menyampaikan bahwa Daerah Istimewa Yogyakarta telah memiliki kesiapan mengenai kerjasama ini dalam arti prakondisi, keperluan, infrastruktur dan SDM. Saat ini pembahasan baru sampai tahap ide, dimana untuk pelatihan ketenagakerjaan bisa dilakukan di Disnaker terelbih dahulu. Pelatihan akan dilaksanakan selama 6 – 8 bulan.  (kt/kn)

  

Humas DIY