Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 58841 suara dari 74927 suara
79%
Tidak: 16086 suara dari 74927 suara
21%

Korpri Harus Berinovasi Demi Kemajuan Negara

29 November 2019 - 10:50

Yogyakarta (29/11/2019) jogjaprov.go.id – Reformasi industri jilid 4 menuntut perubahan dan inovasi pada segala bidang termasuk tata kelola pemerintahan. Hal tersebut mengharuskan aparatur negara untuk meningkatkan kecepatan, kreativitas dan inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik.

Demikian disampaikan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X saat membacakan sambutan Presiden RI pada Upacara Hari Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-48 tahun 2019, Jumat (29/11) di Halaman Upacara, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Gubernur DIY yang bertindak sebagai Inspektur Upacara tersebut menuturkan, tidak hanya di Indonesia, negara lain pun terpacu untuk meningkatkan kualitas dalam segala bidang. Untuk itu, Indonesia juga harus terus mengembangkan diri.

“Cara-cara lama yang monoton yang tidak kompetitif tidak bisa diteruskan lagi. Kita harus lebih cepat dan lebih baik daripada negara lain,” tutur Sri Sultan. 

Seluruh anggota Korpri harus terus bergerak mencari terobosan. Gubernur DIY menghimbau untuk melakukan reformasi berkelanjutan. Tidak boleh ada pola pikir lama dan bekerja hanya sekedar rutinitas. Perubahan birokrasi dan nilai-nilai baru dalam bekerja pun harus dibangun. Dengan demikian, tata kelola pemerintahan akan cepat beradaptasi dengan perubahan sehingga menghasilkan pelayanan prima bagi masyarakat.

“Pelayanan yang ruwet, berbelit-belit dan yang menyulitkan rakyat, harus kita pangkas. Kecepatan melayani menjadi kunci reformasi birokrasi,” tegas Gubernur DIY.

Peubahan orientasi birokrasi menuju hasil nyata dan bukan sekedar prosedur harus terjadi. Untuk itu, peran teknologi sangat berpengaruh untuk memotong dan mempercepat prosedur tersebut. Kemajuan dan inovasi teknologi harus bisa mempermudah, bukan mempersulit pekerjaan. Kemajuan teknologi adalah instrumen untuk mempercepat penyelesaian masalah. Masalah saat ini harus kita selesaikan dengan smart shortcut yang lebih cepat, lebih efisien dan lebih memberikan dampak yang luas.

“Tugas birokrasi adalah memastikan rakyat terlayani dengan baik serta program-program pembangunan betul-betul terdelivered, dirasakan manfaatnya oleh rakyat. Sekedar melayani saja sudah tidak cukup, pelayanan yang diberikan harus baik dan diimbangi dengan kemudahan serta kecepatan,” jelas Sri Sultan.

Jika perubahan ke arah yang lebih baik tidak dilakukan, maka pada era persaingan antarnegara yang makin sengit ini, Indonesia akan tertinggal. Saat ini yang menjadi target kinerja bukan lagi menjadi lebih baik dari sebelumnya, tapi lebih baik dari negara lain.  Korpri harus optimis menatap masa depan dan percaya diri menghadapi tantangan kompetisi global.

“Kita harus yakin menjadi salah satu negara terkuat di dunia dan menjadi negara pemenang. Kuncinya adalah kita mau bersatu. Persatuan dan kesatuan adalah pengikat kita untuk menuju Indonesia maju. Tanpa persatuan, kemajemukan negara kita, tidak akan pernah menjadi energi kolektif untuk mencapai kemajuan. Tanpa persatuan, kita akan menjadi negara yang lemah dan pecundang,” papar Sri Sultan.

Pada kesempatan tersebut, Korpri juga dihimbau untuk menjadi garda terdepan dalam merajut persatuan, menjaga tali persaudaraan. Keberagaman dan kemajemukan Indonesia adalah anugerah Tuhan YME yang harus dijaga dan dirawat bersama karena merupakan kekuatan Indonesia.  

“Selamat bertugas, lanjutkan pengabdian dan karya terbaik bagi rakyat, bangsa dan negara,” tutup Gubernur DIY.

Pada upacara tersebut, Gubernur DIY menyerahkan berbagai penghargaan kepada para anggota Korpri terkait dengan penyelenggaraan ajang prestasi pada para PNS di lingkungan Pemda DIY. Kategori tersebut adalah Kompetisi Kelompok Budaya Pemerintahan tahun 2019 Lingkup Perangkat Daerah, Kompetisi Budaya Kelompok Pemerintahan tahun 2019 Lingkup Unit Pelaksana Teknis, dan Kompetisi Keagamanaan Lingkup Pemerintah Daerah tahun 2019. Upacara tersebut dihadiri oleh seluruh jajaran pejabat di lingkungan Pemda DIY serta anggota Korpri se-DIY. (uk)

Humas Pemda DIY