Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 10548 suara dari 11340 suara
93%
Tidak: 792 suara dari 11340 suara
7%

Pimpinan OPD DIY Mendapatkan Prestasi Istimewa Diklat Kepemimpinan Nasional

30 November 2019 - 23:17

Bantul (29/11/2019)-jogjaprov.go.id – Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Ir. Srie Nurkyatsiwi, M.M.A., dan Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, S.H., M.Ed., berhasil meraih predikat sebagai lulusan dengan peringkat istimewa pada Pelatihan Kepemipinan Nasional Tingkat II, yang diselengarakan oleh Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI), bekerja sama dengan Badan Pendidikan dan Pelatihan (Bandiklat) DIY, bertempat Gunungsempu, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, pada Jumat (29/11).

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji, saat membacakan sambutan Gubernur DIY pada Pelepasan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XXIII Tahun 2019 menyampaikan, pelatihan kepemimpinan bertujuan untuk mengembangkan potensi kepemimpinan yang strategis. Kompetensi kepemimpinan yang strategis diharapkan terus meningkat, sehingga penyelenggara Negara Indonesia akan dipenuhi oleh penyelenggara kepemerintahan yang kompeten, dan dipenuhi para lulusan kepemimpinan yang mampu menjadi agen perubahan.

Kunci penyelenggaraan tata kelola pemerintahan yang accountable, dengan prioritas utama pada pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM). Kunci utama dengan mewujudkan Indonesia Emas pada tahun 2045 adalah dengan SDM. Kita dituntut untuk terus meningkatkan kapasitas dan kompetensi sebagai aparatur pemerintah, sekaligus memperbaiki proses pemerintahan sehingga terwujudnya pemerintahan yang lebih gesit.

“Selamat bekerja dan bertugas kembali ke instansi masing-masing. Jadilah contoh masyarakat yang bisa membawa perubahan ke arah lebih baik, penuh disiplin, dan mempunyai sikap perilaku yang baik. Laksanakanlah amanah yang telah diberikan oleh pemerintah, benahilah layanan publik yang kurang cepat, kurang tepat, dan kurang efisien bahkan belum tuntas,” jelas Aji.

Sementara itu, Kepala Puslatbang PKASN LAN RI, Hari Nugraha SE., MPM., menyampaikan bahwa pada pelaksanaan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II yang diikuti sebanyak 64 peserta ini, ada empat aspek penilaian yaitu, evaluasi pemahaman dan praktik kepemimpinan strategis,  evaluasi visitasi kepemimpinan nasional, evaluasi proyek perubahan dan evaluasi sikap perilaku. Berdasarkan aspek penilaian tersebut, 4 peserta mendapatkan kualifikasi sangat memuaskan dengan presentase 6.25%; 55 peserta mendapatkan kualifikasi memuaskan dengan presentase 85.94%; dan 5 peserta dengan kualifikasi baik dengan presentase 7.81%.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Utama (Sestama) LAN, Dra. Reni Suzana, MPPM., mewakili Kepala LAN RI menyampaikan, bahwa kompetesi yang dibangun dalam pelatihan ini adalah kepemimpinan strategis dalam rangka menghadapi dinamika lingkungan organisasi dan mendorong perubahan organisasi yang berdampak bagi organisasi sesuai dengan tanggung jawab instansinya.

“Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II ini merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kualitas para peserta, yang nantinya akan dirujukan menjadi sebuah aset nasional. Karena saat ini, LAN RI sedang merencanakan pembentukan talenta nasional. Dengan selesainya pelatihan ini, peserta diharapkan memiliki kompetensi pemimpin yang strategis, dan memiliki agility. Kondisi yang sudah banyak berubah, kompleks yang dihadapi, serta ketidak pastian, dapat diatasi dengan kompetensi tersebut, sehingga agility para peserta dapat diuji untuk memajukan bangsa ini” tutupnya.(ss)

Humas Pemda DIY