Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 58772 suara dari 74835 suara
79%
Tidak: 16063 suara dari 74835 suara
21%

Penghargaan Gubernur DIY jadi Motivasi untuk Berprestasi

11 Desember 2019 - 15:00

Yogyakarta (11/12/2019) jogjaprov.go.id – Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X kembali memberikan apresiasi kepada insan/lembaga berprestasi pada Bidang Pendidikan, Pemuda dan Olahraga di DIY. Sejumlah 434 orang/lembaga berprestasi internasional, nasional dan regional menerima Penghargaan Gubernur Anugerah Berprestasi 2019, Rabu (11/12) di GOR Among Rogo, Yogyakarta.

Prestasi menurut Sri Sultan sangat berguna untuk meningkatkan potensi diri dan wujud nyata kualitas dan kuantitas seseorang atas usaha yang dilakukan. Pretsasi akan menjadi bekal pengalaman berharga masa depan. Juga dapat digunakan untuk mengukur tingkat pengetahuan kecerdasan dan ketrampilan.

Gubernur DIY menyampaikan, penghargaan ini diberikan untuk memberikan apresiasi atas usaha dan mengabdian mengandalkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual serta ketahanan diri menghadapi kendala internal dan eksternal. Bukan hanya tingkat intelegensi saja yang mempengaruhi prestasi seseorang, namun self requirements juga memiliki andil yang besar. Keberhasilan tersebut tidak hanya ditentukan oleh tingkat intelegensi tapi self requirements.

“Untuk meraih prestasi membutuhkan kerja keras, memiliki inisiatif, kreatif dan pantang menyerah, berani ambil resiko, bertanggung jawab dan punya menejemen waktu yang baik,” tandas Gubernur DIY.

Alasan pemberian anugerah ini menurut Sri Sultan adalah, saat ini tidak banyak pemimpin yang menyadari pentingnya memberikan penghargaan kepada mereka yang berprestasi. Pemimpin yang  terlalu sibuk dan hanya terfokus pada target pekerjaaan sendiri mengakibatkan kurangnya apresiasi pada prestasi bawahan. Akibatnya, bawahan merasa kurang termotivasi untuk menjadi lebih baik lagi. “Mereka (bawahan) hanya sekedar  melaporkan hasil kerja. Tidak ada apresiasi bahkan ucapan terimakasih. Itu membuat bawahan merasa tidak dihargai dan kurang termotivasi,” ujar Sri Sultan.

Sri Sultan berharap, dengan penganugerahan yang dilakukan setiap tahun ini, dapat menjadi cambuk bagi semua pihak agar bisa berupaya memberikan sumbangsih terbaik bagi bangsa dan negara. “Kita berharap ini bisa jadi motivasi untuk menumbuhkan prestasi. Karena kita kan memerlukan orang-orang pintar juga. Harapan saya, ini sebagai bentuk apresiasi kepada mereka,” ujar Sri Sultan.

Plt. Dinas Pendikan, Pemuda dan Olahraga, Drs. Bambang Wisnu Handoyo menyampaikan, tujuan digelarnya acara adalah sebagai bentuk apresiasi, perhatian dan ungkapan terimaksih Pemda DIY kepada masyarakat yang telah mengharumkan nama DIY baik di kancah internasional mapun nasional. Selain itu juga sebagai stimulan dan peningkatan motivasi untuk lebih mengharumkan lagi nama DIY.

“Kita ingin merangsang dan menumbuhkan budaya prestasi di bidang pendidikan, pemuda dan olahraga, mendorong generasi berikutnya untuk lebih berprestasi dan membangun budaya berkompetisi yang positif baik melalui lembaga formal maupun non formal,” ungkap Bambang.

Bambang melaporkan, pada kategori penghargaan internasional terdapat 14 penghargaan, tingka nasional 312 penghargaan serta regional sejumlah 108 penghargaan. “Dengan diberikan penghargaan ini, semoga mampu mendorong tumbuhnya insan yang mampu mengukir prestasi istimewa dengan karakter mulia untuk menggapai masa depan dan kejayaan bangsa,” tutur Bambang.

Pada acara tersebut, Sri Sultan menyerahkan 21 penghargaan kepada orang/lembaga berprestasi. Untuk 413 sisanya diserahkan oleh Plt. Dinas Pendikan, pemuda dan Olahraga, Drs. Bambang Wisnu Handoyo, Ketua DPRD DIY, Nuryadi, S.Pd, serta Ketua KONI DIY, Prof. Dr. Djoko Pekik Irianto, M.Kes. Hadir dalam acara tersebut, bupati/walikota se-DIY, kepala OPD se-DIY, jajaran Forkopimda DIY, serta para tamu udangan. (uk)

Humas Pemda DIY