Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 58764 suara dari 74823 suara
79%
Tidak: 16059 suara dari 74823 suara
21%

Diseminasi Program Balai Tekkomdik DIY: Pembelajaran berbasis Teknologi Digital

20 Desember 2019 - 13:52

Pembelajaran Inovatif

Menjelang peringatan Hari Guru Nasional yang jatuh setiap tanggal 25 November, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim, menyampaikan sebuah pidato yang akhirnya menjadi viral dan banyak menyemangati para guru. Salah satu ajakan penting yang disampaikannya adalah agar setiap guru melakukan perubahan kecil, karena dengan perubahan kecil tersebut jika setiap guru melakukannya secara serentak maka kapal besar yang bernama Indonesia ini pasti akan bergerak. Manyambut hal ini, Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan Dinas DIKPORA DIY, sebagai salah satu lembaga pengembang produk dan layanan di bidang pendidikan khususnya yang berbasis teknologi informasi, menyelenggarakan kegiatan diseminasi dengan tema “Pembelajaran Inovatif berbasis Teknologi Digital”. Kegiatan Diseminasi ini diselenggarakan selama 2 (dua) hari, dimulai pada tanggal 18 dan 19 Desember 2019 dengan sasaran peserta yang terdiri dari pendidik/tenaga kependidikan, peserta didik, pengawas sekolah/madrasah dan Dinas Pendidikan serta Balai Dikmen Kab/Kota yang berasal dari 5 Kabupaten/Kota se-DIY. 

Kegiatan Diseminasi dibuka langsung oleh Ir. Edy Wahyudi, Mpd. Selaku Kepala Balai Tekkomdik DIY. Dalam sambutannya, Bapak Ir. Edy Wahyudi, M.Pd. menyampaikan bahwa Balai Tekkomdik DIY ingin membantu peran bapak ibu guru dalam rangka mempermudah kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan memanfaatkan TIK. Edy menambahkan bahwa kehadiran Balai Tekkomdik DIY adalah untuk membantu para guru dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan kompetensinya di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Berbagai macam program dan kegiatan akan dilaksanakan pada tahun 2020 demi tercapainya peningkatan kualitas pendidikan dan terwujudnya pemerataan pendidikan yang berkualitas di seluruh wilayah DIY.

Beberapa program tersebut antara lain yaitu bimbingan teknis produksi media pembelajaran, bimbingan teknis pemanfaatan TIK untuk pendidikan, dan program layanan pembelajaran bergerak (Mobile Learning Services). Bimbingan teknis reguler bagi guru dan tenaga kependidikan diselenggarakan di kantor Balai Tekkomdik dalam durasi 4 s.d. 5 hari. Namun jika para guru kesulitan untuk memperoleh akses ke pelatihan reguler tersebut, misalkan karena tidak dapat meninggalkan sekolah/kelas selama berhar-hari, maka para guru dapat mendaftarkan sekolah/komunitasnya untuk mendapatkan pelatihan dalam bentuk layanan pembelajaran bergerak (Mobile Learning Services/MLS). Pada layanan MLS ini, tim instrukturlah yang akan mendatangi lokasi sekolah atau komunitas guru tersebut dengan membawa seluruh kebutuhan pelatihan, seperti laptop, snack dan makan siang, serta genset, jika dibutuhkan. Para peserta tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun untuk mengikuti layanan pelatihan ini. Seluruh proses pendaftaran kegiatan pelatihan dilaksanakan secara daring melalui laman tekkomdik.jogjaprov.go.id.

Dalam kegiatan diseminasi ini, selain disampaikan sosialisasi program dan kegiatan Balai Tekkomdik, juga diluncurkan beberapa produk media pembelajaran baru yang diproduksi pada tahun 2019 ini, diantaranya adalah aplikasi Jogja Belajar (JB) Class Mobile, 4 judul film pendidikan, dan ratusan judul media pembelajaran produksi tahun 2019 (ABK 5 Ketunaan, 8 video infografis, serta 100 bahan siar televisi dan radio). Sebagian besar media pembelajaran ini dapat diakses secara daring melalui laman jogjabelajar.org atau jogjabelajar.jogjaprov.go.id. Sementara untuk aplikasi Jogja Belajar Class Mobile dapat diunduh secara gratis di Google Playstore. Jogja Belajar Class adalah layanan kelas maya yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa di DIY sebagai suplementasi pembelajaran konvensional yang dilaksanakan di kelas. Dengan aplikasi ini guru dan siswa dapat melanjutkan proses pembelajaran secara online tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Jogja Belajar Class dapat menghubungkan guru, siswa dan orang tua. Bagaimana cara mendaftarnya? Klik saja jbclass.jogjabelajar.org