Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 58772 suara dari 74835 suara
79%
Tidak: 16063 suara dari 74835 suara
21%

Peluang Kerjasama DIY – Bulgaria Terbuka Lebar

14 Januari 2020 - 16:01

Yogyakarta (14/01/2020) jogjaprov.go.id – DIY merupakan salah satu daerah yang memiliki kebudayaan  sangat kaya dan sangat tua. Hal ini membuka peluang kerjasama antara DIY dengan Plovdiv, Bulgaria, yang juga memiliki latar belakang budaya yang sama dengan DIY.

Tawaran peluang kerjasama tersebut diterima Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat menerima kunjungan Dubes RI untuk Bulgaria merangkap Albania dan Macedonia, Sri Astari Rasjid, Selasa (14/01) di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Usai pertemuan, Sri Astari menyampaikan, Plovdiv merupakan kota tua yang telah ada sejak 7000 tahun silam. Tahun lalu, Kota Plovdiv dinobatkan menjadi pusat kebudayaan Eropa. Fakta tersebut semakin mempertegas kesamaan dengan DIY yang juga merupakan pusat kebudayaan Asia.

Tidak hanya sebagai kota tua dengan budaya yang sangat kaya, namun Plovdiv juga merupakan kota dagang. Sri Astari menyampaikan, peluang kerjasama dengan Plovdiv nantinya akan mencakup berbagai bidang. Salah satu yang di garis bawahi adalah diplomasi ekonomi.

“Plovdiv merupakan kota dagang di Bulgaria, jadi harapan saya Kadin sini (DIY) juga bisa datang untuk bussiness matching dengan bussiness comunity disana,” tutur Sri Astari.

Sri Astari menuturkan, budaya merupakan pintu masuk yang paling efektif untuk membuka peluang kerjasama berbagai bidang. Diplomasi budaya menurut Sri Astari akan membuka peluang kerjasama yang bagus di bidang apa saja termasuk diplomasi ekonomi.

“Kalau kita menunjukan budaya kita yang tua dan setara dengan eropa, mereka akan lebih respect. Jadi kalau kita bikin business deal mereka akan merasa lebih terbuka dan berangkat dari strata yang sama,” jelas Sri Astari.

Menurut Sri Astari, kekayaan Indonesia terkhusus DIY dalam bidang budaya adalah senjata yang ampuh untuk bisa masuk mengikuti perkembangan dunia. Tidak semua negara memiliki kekayaan budaya. Oleh  karena itu, kekayaan budaya ini harus menjadi senjata untuk membangun negara.

Kepala Dinas Perizinan dan Penanaman Modal (DPPM) DIY, Drs. Arif Hidayat mengungkapkan, Gubernur DIY menyambut baik peluang tawaran kerjasama tersebut. Ada tiga hal yang menjadi konsentrasi peluang tersebut, yaitu, kebudayaan, ekonomi dan pendidikan.  

Arif menyampaikan, Sri Sultan berkenan hadir pada acara pagelaran budaya kontemporer DIY di Plovdiv 01 Juni 2020 mendatang. Nantinya acara tersebut akan di ikuti oleh musisi DIY yang menampilkan musik dan kombinasi tarian nusantara. Acara tersebut akan di gelar di Ampitheatre kuno berusia 7000 tahun. pengenalan budaya DIY kepada Plovdiv.

“Terkait dengan wacana sister city dan sister province beliau (Gubernur DIY) mengarahkan tidak mengejar dulu penandatangan karena ada proses panjang. Namun bisa dimulai dengan surat pernyataan kehendak. Setelah itu, nanti bisa kita lihat perkembangannya seperti apa,” jelas Arif. (uk)

Humas Pemda DIY