Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 58772 suara dari 74835 suara
79%
Tidak: 16063 suara dari 74835 suara
21%

Gubernur DIY : Layanan Kesehatan Harus Bela Hak Insani Pasien

15 Januari 2020 - 13:57

Yogyakarta (15/01/2020) jogjaprov.go.id — Dengan bantuan peralatan mutakhir dan tim medis profesional yang berpengalaman, maka kita boleh berharap bahwa pasien akan memperoleh layanan prima, ramah, smart, safety dan bermutu lebih yang fokus pada diagnosis klinis yang bertumpu pada kualitas SDM dari pada dokter dan paramedisnya. Demikian ungkapan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Peresmian Siloam Hospitals Yogyakarta.

Pada agenda yang bertempat di AOS Lippo Plaza Yogyakarta Jl. Laksda Adisucipto Yogyakarta pada Rabu (15/01) pagi tersebut, Sri Sultan turut menyampaikan bahwa pasien harus ditempatkan sebagai subjek layanan dan menjaga hubungan manusiawi dengan pasien dalam sistem layanan medik yang total holistic, utuh, adil, ikhlas dan hormat termasuk bagi pasien-pasien BPJS dalam spirit membela hak insani pasien.

“Kini seharusnya teknologi bukan lagi menjadi dalih untuk berobat ke luar negeri, karena rumah sakit kita telah memiliki peralatan-peralatan paling mutakhir seperti di negara maju,” terang Sri Sultan.

Lebih lanjut Sultan menambahkan, secara individual keahlian dokter spesialis Indonesia tidak perlu diragukan kualitasnya. Namun dari pada itu, perlu dilakukan pembenahan kerja tim dalam semua komunitas dokter, paramedis dan penunjang medis. Komunikasi yang baik akan memperbaiki persepsi masyarakat dan success rate rumah sakit domestik di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, pendiri dan chairman Lippo Group, DR. Mochtar Riady menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Sri Sultan yang telah mendukung pembangunan Rumah Sakit Siloam. Kedepannya, Mochtar Riady berharap semoga dengan hadirnya rumah sakit ini dapat bermanfaat bagi seluruh penduduk di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di akhir sambutan, Sri Sultan menegaskan bahwa upaya kesehatan harus mampu untuk menciptakan dan menghasilkan SDM Indonesia yang sehat produktif. Dalam hal ini, diperlukan perilaku sehat yang yang mampu menjangkau layanan kesehatan bermutu. Dengan adanya fasilitas BPJS diharapkan derajat kesehatan masyarakat akan lebih meningkat dalam peringkat kesehatan penduduk Indonesia di antara negara-negara tetangga Indonesia.

Peresmian RS Siloam ditandai dengan penandatangan prasasti serta pengguntingan Buntal oleh Gubernur DIY bersama-sama dengan Mochtar Riady.

Turut hadir pula dalam kesempatan tersebut drg. Agus Suprapto, M.Kes selaku Deputi Koordinasi Bidang Peningkatan Kesehatan Kementerian Kementerian Kesehatan RI, dr. Tri Hesty Widyastuti, Sp.M, MPH selaku Direktur Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI dan Drs. H. Haryadi Suyuti, Walikota Yogyakarta beserta tamu undangan lainnya. (Hn/teb)

Humas Pemda DIY