Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 59357 suara dari 75576 suara
79%
Tidak: 16219 suara dari 75576 suara
21%

Tingkatkan Produksi Pertanian, Pemda DIY Sasar Milenial

13 Februari 2020 - 16:01

Yogyakarta (13/02/2020) jogjaprov.go.id – Guna menumbuhkan kembali minat anak muda pada bidang pertanian, Dinas Pertanian DIY mengkonsep program pertanian inti plasma. Nantinya program ini akan terfokus pada petani milenial atau petani muda produktif untuk bisa meningkatkan produksi pertanian.

Kepala Dinas Pertanian DIY, Ir. Arofa Noor Indriani, M.Si., memaparkan konsep tersebut di hadapan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Kamis (13/02) di Gedhong Gadri, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Tingginya alih fungsi lahan di DIY menjadi salah satu alasan Dinas Pertanian DIY mengkonsep program ini. Selain itu, Arofa juga menyebut respon petani muda dirasa kurang untuk mengatasi permasalahan pertanian DIY.

“Program ini dimaksudkan untuk memunculkan petani milenial yang unggul. Petani muda yang mampu memaksimalkan lahan yang terbatas untuk meningkatkan produk pertanian baik kualitaa maupun kuantitas,” jelas Arofa.

Menurut Arofa, pertanian mampu meningkat dengan kiprah generasi milenial. Untuk itu, melalui konsep inti plasma pertanian ini, Arofa berharap akan tercipta wirausaha pertanian berbasis ekosisitem. Nantinya, konsep inti plasma ini akan diwujudkan melalui kemitraan dengan petani milenial.

Arofa mengungkapkan, program ini nantinya juga akan menggandeng berbagai pihak seperti penyuluh, perguruan tinggi, serta sektor-sektor penunjang teknologi pertanian.

“Konsep ini sudah digodog sedemikian rupa. 1 tahun kedepan semoga benar-benar bisa realisasikan dan terapkan. Nanti juga akan kita buat koperasi tani, agar petani milenial semakin unggul,” tutur Arofa.

Menurut Arofa, Gubernur DY menyambut baik dan sangat antusias dengan konsep Dinas Pertanian DIY. Gubernur DIY berharap apabbila program ini terlaksana, akan meningkatkan hasil pertanian DIY. Selain juga akan mampu mengurai masalah-masalah yang berkaitan dnegan kesejahteraan ekonomi masyarakat DIY.

Turut hadir mendampingi Gubernur DIY Kepala DPPM DIY, Drs. Arif Hidayat dan Kepala Bappeda DIY, Budi Wibowo, S.H. M.M. Selain itu, turut hadir juga tim penggagas inti plasma pertanian yang mendampingi Kepala Dinas Pertanian DIY.  (uk)

Humas Pemda DIY