Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 17740 suara dari 25286 suara
70%
Tidak: 7546 suara dari 25286 suara
30%

Eratkan Kerjasama dengan DIY, Hungaria Tawarkan Sister Province

13 Februari 2020 - 16:40

Yogyakarta (13/02/2020) jogjaprov.go.id – Hungaria menawarkan kerjasama Sister Province dengan DIY. Hal tersebut dimaksudkan untuk memperkuat hubungan kerjasama Hungaria – DIY yang sudah terjalin baik selama bertahun-tahun.

 

Penawaran ini disampaikan oleh parlemen Hungaria kepada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Kamis (13/02) di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Mennaggapi usulan tersebut Sri Sultan menyambut baik. Menurutnya hal tersebut merupakan kesempatan baik untuk kedua belah pihak bisa mengembangkan kerjasama.

“Saya minta Hungaria untuk mengambil inisiatif untuk kerjasama sister province. Tadi mereka juga mengundang kita ke sana untuk bisa membawa tim kesenian. Tahun depan kita penuhi itu,” ujar Sri Sultan.

Deputi Speaker of the Hungarian National Assembly, István Jakab menyampaikan, selama ini kerjasama DIY – Hungaria telah berjalan dengan baik. Beberapa kerja sama yang telah dilakukan salah satunya di bidang bidang pendidikan, yaitu melalui pertukaran mahasiswa.  Hungaria telah emmberikan beasiswa kepada mahasiswa Indonesia termasuk DIY untuk belajar di negaranya. Selain itu, juga dalam bidang pengelolaan air bersih di Gunung Kidul.

 “Hungaria dan Indonesia mempunyai hubungan diplomatik yang sangat baik. Oleh karena itu, akan diadakan kerja sama antara Hungaria dengan Yogyakarta, khususnya di bidang kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan perdagangan,” ucap Jakab.

Pada kesempatan tersebut, Jakab mengungkapkan, Hungaria mengundang Sri Sultan untuk berkunjung ke Hungaria. Kunjungan itu dimaksudkan untuk mengenalkan kebudayaan DIY ke Hungaria. “Dengan senang hati tawaran tersebut diterima oleh Sri Sultan. Nantinya, pada kunjungan tersebut akan membawa tim kesenian untuk melakukan penampilan kebudayaan DIY di Hungaria,” ungkap Jakab.

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Head of Foreign Affairs of Hungarian Parliament, Beatrix Kese, Head of Trade and Investment, Lilla Karsay, dan Political Counsellor, Attila Juhasz. Sedangkan Gubernur DIY di dmapingi oleh kepala DPPM DIY Drs. Arif Hidayat. (uk/ln)

Humas Pemda DIY