Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 53197 suara dari 65248 suara
82%
Tidak: 12051 suara dari 65248 suara
18%

RSPAU dr. S. Hardjolukito Siap Rawat Pasien Covid - 19

23 Maret 2020 - 17:23

Bantul (23/03/2020) jogjaprov.go.id – RSPAU dr. S. Hardjolukito sudah melakukan persiapan yang matang untuk menjadi rumah sakit rujukan pasien positif Covid - 19. Guna memastikan kesiapan tersebut, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X meninjau RSPAU dr. S. Hardjolukito, Senin (23/03) di Wonocatur, Bantul.

Kunjungan tersebut adalah bentuk upaya untuk memastikan terdapat SDM, alat kesehatan, sarana dan prasarana serta daya tampung rumah sakit. Gubernur DIY merasa perlu menjamin dan memastikan pasien positif Covid – 19 mendapatkan perawatan yang cepat dan maksimal sehingga pasien bisa pulih dengan segera.

Humas RSPAU dr. S. Hardjolukito, Letkol Agung mengungkapkan, RSPAU dr. S. Hardjolukito menyediakan gedung tiga lantai dengan kapasitas kurang lebih 151 pasien. Nantinya  gedung tersebut akan benar-benar diisolasi untuk memaksimalkan perawatan pasien Covid – 19.  

Terkait kesiapan, Agung mengungkapkan, RSPAU dr. S. Hardjolukito telah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan DIY guna melengkapi segala fasilitas yang diperlukan. Sementara itu, untuk SDM sendiri, nantinya akan ada kerjasama dengan pihak lain yang di tunjuk oleh Dinas Kesehatan DIY. Hal tersebut karena dibutuhkan SDM yang banyak dan berkualitas, mengingat perawatan pasien Covid – 19 ini memerlukan perhatian dan penangan ekstra. Selain itu dibutuhkan pula dukungan dari semua pihak terkait Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis untuk merawat pasien. Agung mengungkapkan, kelengkapan dan ketersediaan APD masih harus mendapatkan perhatian khsusus karena semakin sulit didapat.

Lebih lanjut Agung menjelaskan, pihaknya sedang menunggu dari Pemda DIY terkait kapan bisa resmi beroperasi menangani pasien positif Covid – 19.

“Saat ini Kepala RSPAU dr. S. Hardjolukito sedang melakuakn koordinasi lebih lanjut dengan Pemda DIY. Setelah itu baru ada gambaran kapan bisa di mulai. Tapi dipastikan akan ssegera beroperasi, mengingat kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan semakin tinggi,” jelas Agung.

Agung mengungkapkan, RSPAU dr. S. Hardjolukito berharap pihaknya mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat DIY dalam menangani wabah Covid – 19. Melalui kontribusinya, RSPAU dr. S. Hardjolukito  berharap bisa memberikan manfaat bagi pasien-pasien yang yang memang harus di rujuk ke rumah sakit tersebut. Hal itu juga sebagai antisispasi apabila jumlah peningkatan masyarakat yang terpapar Virus Corona meningkat.

“Kalau nanti semakin banyak pasien terpapar Corona, pasti akan sangat susah bagi mereka untuk mencari tempat fasilitas kesehatan, untuk itu kami berharap bisa membantu pemerintah dalam hal penanganan tersebut,” tutur Agung.

Terkait tanggapan Sri Sultan, Agung mengungkapkan, Gubernur DIY tersebut puas dengan kesiapan yang telah di upayakan oleh RSPAU dr. S. Hardjolukito. Sri Sultan juga sempat meninjau hingga ke ruangan-ruangan yang nanti akan digunakan untuk isolasi.

“Beliau (Sri Sultan) menaruh harapan yang tinggi untuk kami bisa berperan aktif merawat dan menangani pasien Covid – 19,” ucap Agung.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Sri Sultan didampingi oleh Wagub DIY, Danrem 072/Pmk, Kabinda DIY, Kabid Dokkes Polda DIY, Guru Besar Fakultas Kedokteran UGM, serta jajaran pejabat Forkopimda DIY. Turut menyambut Gubernur DIY, Danlanud Adisutjipto, Kepala RSPAU dr. S. Hardjolukito, Ka Komite Medik RSPAU, Katim Siaga Corona RSPAU, serta jajaran dokter RSPAU dr. S. Hardjolukito. (uk)

Humas Pemda DIY