Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 58349 suara dari 74345 suara
78%
Tidak: 15996 suara dari 74345 suara
22%

Wakil Gubernur DIY Serahkan Sumbangan Masyarakat Untuk Ponpes Panti Sosial

30 Juni 2020 - 10:21

YOGYAKARTA (30/06/2020)jogjaprov.go.id. – Hari ini (selasa,30/06) Wakil Gubernur DIY Paku Alam X yang juga menjabat sebagai Ketua Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid  19 DIY  menyerahkan Bantuan Sosial senilai Rp. 1,032 milyar di Bangsal Kepatihan Yogyakarta. Bantuan tersebut akan diberikan kepada lembaga-lembaga sosial di Yogyakarta. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY Drs. Biwara Yuswantana.MSI dalam laporannya menjelaskan bahwa sejak terjadinya Pandemi Covid 19 di DIY Posko Pandemi Covid 19 DIY membuka rekening Donasi dari masyarakat dan hingga hari ini terkumpul  uang  sebanyak Rp.1,032 milyar.

Dari dana terkumpul Rp.1,032 milyar tersebut telah dibelanjakan sembako berujud beras sebanyak 24.216 kg ( 24,2 ton), Gula Pasir sebanyak 16.464 kg (16,4 ton) Minyak Goreng sebanyak 8.232 liter, thermogan sebanyak 202 buah dan Handsoap sebanyak  383 galon. Sejumlah bantuan tersebut hari ini diserahkan  kepada 76 Pondok Pesantren dan  125 Panti Sosial yag tersebar di berbagai daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penyerahan dilakukan pagi tadi kepada 5 perwakilan lembaga sosial secara simbolis.

Kepada para perwakilan penerima bantuan sosial terdampak Covid 19 Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X titip pesan agar bantuan tersebut dikelola sebaik-baiknya sehingga bisa bermanfaat dan benar-benar membantu serta meringankan beban penghuni Pondok dan panti. Serta kepada Pengelola Panti diharapkan dapat mengasuh anak-anak panti dengan sebaik-baiknya di masa pandemi ini.

Sementara itu seusai mendampingi Wakil Gubernur menyerahkan bantuan Kepala BPBD DIY Drs. Biwara Yuswantana, MSi kepada mengatakan bahwa donasi yang terkumpul dari masyarakat telah dikoordinasikan dengan  Dinas Sosial dan Kanwil Kemenag Kementerian Agama DIY. Dari hasil koordinasi tersebut  selanjutnya disepakati bantuan sebanyak  3.996 paket diberikan untuk  76 Pondok Pesantren dan  4.236  paket  untuk 125 Panti Sosial di seluruh DIY. Masing-masing paket tersebut berisi  beras, gula pasir minyak goreng.

Disinggung bantuan apa  saja yang sangat mendesak masih dibutuhkan masyarakat di masa pandemi Covid ini, Biwara lebih lanjut menjelaskan bahwa  mengingat aktifitas ekonomi akibat   dampak covid ini menurun tajam  agar dapat memastikan masyarakat untuk tetap bertahan  maka  bantuan kebutuhan pokok sehari-hari adalah yang paling tepat (sembako). “Dampak Covid  ini menyebabkan  perekonomian masyarakat turun tajam, sehingga bantuan sembako adalah salah satu bentuk yang dirasa paling tepat" tandas Biwara. (krn)

HUMAS DIY