Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 58349 suara dari 74345 suara
78%
Tidak: 15996 suara dari 74345 suara
22%

Lomba Vlog Cegah Covid – 19 berakhir Sukses

30 Juni 2020 - 16:10

Yogyakarta (30/06/2020) jogjaprov.go.id – Lomba Vlog, Liputan dan Film Pendek terkait pemutusan mata rantai penularan Covid – 19 yang diselenggarakan Dinas Kesehatan DIY berlangsung sukses. Lomba ini merupakan pertama dan satu-satunya di Indonesia, dan diadakan guna mengedukasi masyarakat berbagai lapisan dalam rangka pencegahan Covid – 19.

Digelar sejak 12 hingga 24 Juni 2020 ini diikuti lebih dari 130 peserta, yang awalnya di target hanya diikuti 60 peserta saja. Antusiasme masyarakat dalam lomba ini menunjukan kepedulian masyarakat terhadap permasalahan Covid -19 di DIY pada khususnya.

Hal ini diungkap oleh Kepala Dinas Kesehatan DIY, drg. Pembajun Setyaningastutie, M.Kes pada acara Penetapan Pemenang dan penyerahan hadiah lomba Vlog, Film Pendek dan Liputan Media Elektronika, Selasa (30/06) di Kantor Dinas Kesehatan DIY, Yogyakarta. Mengambil tema “Putus Mata Rantai Penularan Covid – 19”, acara ini diharapkan mampu memberikan output berupa kesadaran masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

Pembajun mengungkapkan, tidak mudah mengedukasi masyarakat untuk sadar terhadap penularan Covid – 19. Oleh karena itu, lomba ini diadakan dengan asumsi mereka para peserta memahami apa yang menjadi masalah di lapisan terbawah masyarakat di lingkungan mereka. Dengan begitu, para peserta bisa mengolah ide untuk turut serta mengedukasi masyarakat dengan cara yang paling tepat.

“Lomba ini kita adakan agar kita semua lebih aware dengan kondisi kesehatan saat ini. Kita perlu berperan dalam pencegahan Covid – 19 melalui pengawalan terhadap masyarakat agar pelan-pelan berubah. Bukan perubahan yang drastis yang kita harapkan, tapi perubahan dari hal yang paling kecil saja dulu,” papar Pembajun.

Para generasi muda ini diharapkan bisa menjadi  agen kesehatan yang siap berperan aktif untuk membangun masyarakat yang sehat dan bebas Covid -19. Karena meskipun saat ini bisa dibilang penularan kasus DIY bisa dibilang turun tapi tetap belum bisa dibilang landai. Kasus penularan masih masih terjadi. “Mudah-mudahan dengan memanfaatkan media ini akan mampu menggugah kesadaran masyarakat. Bukan dari pemerintah, tapi justru dari masyarakat yang mengajak. Karena yang paling tahu adalah yang paling bawah,” ujar Pembajun.

Pembajun berharap program ini nantinya bisa ditiru oleh daerah lain di luar DIY agar memiliki jejaring untuk menurunkan angka kasus. Dengan begitu nantinya bukan hanya DIY saja yang bisa bebas dari Covid – 19, namun juga seluruh daerah di Indonesia.

Pada tiga kategori lomba tersebut diambil masing-masing 5 pemenang. Untuk Lomba Film Pendek juara satu di raih oleh Canggah Wareng, diikuti oleh Organisasi Pemuda Genitem, Ade Septia, Nindi Ana dan Wahyana Giri. Lomba Liputan Media Elektronika dimenangkan oleh Diska Apri Wicaksana, diikuti Maria Yofia, Nindi Ana, Duo Sabid, dan Brilliani Oktian. Kategori terakhir yaitu Lomba Vlog dimenangkan oleh Devin Airlangga, diikuti Wachida Ghoniyatun, Amirul Mukmin, Diska Apri Wicaksono, dan Panca Mahesa. (uk)

Humas Pemda DIY