Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 58841 suara dari 74927 suara
79%
Tidak: 16086 suara dari 74927 suara
21%

Bansos CoViD-19 di DIY Telah Tepat Sasaran

03 Juli 2020 - 12:24

Yogyakarta (03/07/2020) jogjaprov.go.id - Pemerintah Daerah (Pemda) DIY optimis bahwa bantuan sosial (bansos) yang disalurkan sebagai bagian dari penanganan CoViD-19 di DIY telah tepat sasaran. Kesimpulan ini diperoleh usai Rapat Evaluasi Pemberian Bantuan Sosial di DIY bersama DPRD DIY dan pemerintah kabupaten/kota se-DIY pada Jumat (03/07).

Ditemui usai rapat di Gedhong Pracimosono, Komplek Kepatihan, Yogyakarta, Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, fokus evaluasi kali ini memang pada pelaksanaan bansos. Rapat koordinasi ini juga atas permintaan DPRD DIY yang ingin memastikan bansos tersalurkan dan merata.

“Intinya, dari koordinasi tadi kita optimis masyarakat yang berhak sudah mendapatkan bansos. Tetapi untuk memastikannya, sudah disepakati kabupaten/kota akan mengumpulkan data penyaluran bansos yang sudah dilakukan, baik yang dilakukan oleh kabupaten/kota maupun desa,” jelasnya.

Dijelaskan Aji, dari data kanupaten/kota yang terkumpul tersebut Pemda DIY akan melakukan pencocokan dengan data dari pemerintah pusat maupun Pemda DIY. Dengan tahap ini diharapkan akan tampak, apakah semua warga yang berhak sudah menerima atau belum. 

Aji menambahkan, sampai saat ini, Pemda DIY telah mengeluarkan dana sekitar Rp273,9miliar dari sekitar Rp600miliar yang telah disediakan. Dari dana tersebut, pengeluaran terbanyak ialah untuk Sosial Kemasyarakat, termasuk bansos, yakni Rp176,7miliar.

Rapat ini dihadiri pula oleh Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana. Huda mengatakan, selama masa penanganan CoViD-19, pihaknya telah melakukan koordinasi sampai ke desa-desa. Persoalan bansos menurutnya pun akan selalu menimbulkan polemik. Karena itu, pihaknya pun berkeinginan untuk mendiskusikan hal ini bersama Pemda DIY.

“Kami ingin mengetahui detail seperti apa penyaluran bansos yang sudah dilakukan. Karena kami juga mendapat beberapa titipan pesan dari warga masyarakat. Salah satunya soal pemerataan,” imbuhnya.

Rapat ini dihadiri pula oleh Sekretaris Daerah atau perwakilan dari kabupaten/kota se-DIY, beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemda DIY, dan beberapa anggota DPRD DIY. (Rt)

HUMAS DIY