Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 58841 suara dari 74927 suara
79%
Tidak: 16086 suara dari 74927 suara
21%

Jalankan Fungsi Pengawasan, DPD RI Kunker ke DIY

13 Juli 2020 - 14:31

Yogyakarta (13/07/2020) jogjaprov.go.id - Komite II DPD RI melakukan kunjungan kerja (kunker) ke DIY pada Senin (13/07) dalam rangka menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pengawas pelaksanaan undang-undang. Dalam kunjungan kali ini, DPD RI melakukan pertemuan dengan Gubernur DIY dan jajarannya, untuk mengetahui pelaksanaan beberapa bidang yang dibawahi Komite II DPD RI.

Rombongan Komite II DPD RI ini dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi II DPD RI Abdullah Puteh. Ia datang bersama lima anggota DPD RI lainnya, termasuk anggota DPD RI Dapil DIY Muhammad Afnan Hadikusumo. Kunjungan kali ini diawali dengan pertemuan bersama Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedhong Wilis, Komplek Kepatihan, Yogyakarta.

Pertemuan bersama jajaran Pemerintah Daerah DIY ini kemudian dilanjutkan di Gedhong Pracimasana, Komplek Kepatihan, Yogyakarta yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji. Usai pertemuan, Abdullah Puteh mengatakan bahwa kewenangan mereka juga meliputi bidang sumber daya alam dan sumber daya ekonomi lainnya.

“Kunjungan ini dalam rangka pengawasan terhadap UU mengenai jalan negara, UU lalu lintas dan angkutan jalan, perikanan, perindustrian, dan yang lainnya. Kami juga sekalian datang untuk bersilahturahmi dengan Gubernur DIY,” katanya.

Puteh mengungkapkan, Sri Sultan banyak memberikan masukan dan mengungkapkan pandangan beliau terkait banyak hal, termasuk dalam rangka pengawasan di tengah pandemi CoViD-19 saat ini. Dikatakan Puteh, Sri Sultan mengungkapkan masih perlu banyak perbaikan untuk dilakukan, salah satunya harus tanggap dan cepat dalam membuat kebijakan baru agar solusi persoalan bisa cepat dilakukan.

“Sri Sultan juga menyampaikan kebijakan yang sudah dilakukan selama ini sudah cukup baik, tapi daerah juga harus melakukan antisipasi dengan membuat kebijakan sendiri. Tujuannya untuk mempercepat pelaksanaan kebijakan dari pusat,” paparnya.

Puteh menuturkan, beragam pengalaman positif yang dibagikan Gubernur DIY ini akan ditularkannya ke daerah lain.

Sementara itu, Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, Komite II DPD RI datang untuk menanyakan beragam kebijakan-kebijakan yang telah dibuat dan dijalankan DIY, termasuk yang terkait penanganan CoViD-19. Beragam prestasi yang telah diraih DIY juga ditanyakan.

“Intinya, semua hal yang kita lakukan di DIY itu tidak ada yang instan. Semuanya kita lakukan secara bertahap, semuanya kita lakukan dengan system by system, bukan orang perorang,” imbuhnya.

Terkait pembangunan jalan tol di wilayah DIY, Abdullah Puteh juga sempat menanyakan terkait keputusan Sri Sultan agar keberadaan tol tetap memberi manfaat kepada masyarakat sekitarnya. “Makanya kemudian titik exit tol maupun masuk tol yang ada di DIY itu sepenuhnya ditentukan oleh DIY,” katanya. (Rt)

HUMAS DIY