Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 58764 suara dari 74823 suara
79%
Tidak: 16059 suara dari 74823 suara
21%

Wakil Gubernur DIY Serahkan 9 Hewan Qurban

30 Juli 2020 - 11:19

Yogyakarta (30/07/2020) jogjaprov.go.id - Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X menyerahkan sembilan hewan qurban berupa sapi secara simbolis pada Kamis (30/07) di Bangsal Kepatihan. Dua sapi di antaranya merupakan bantuan dari Presiden RI dan salah satunya diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Kulon Progo.

Kepala Biro Bina Mental Setda DIY, Maladi mengatakan, kesembilan sapi yang diserahkan merupakan bantuan dari Presiden RI, Gubernur DIY, dan Wakil Gubernur DIY. Untuk bantuan dari Presiden RI satu sapi diserahkan pada Istana Kepresidenan Yogyakarta dan satunya diserahkan kepada Masjid Al Iman, Pedukuhan Paras, Kalurahan Banjarsari, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo.

“Tujuh ekor sapi bantuan Gubernur DIY dan Wakil Gubernur DIY masing-masing diserahkan ke Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta, Masjid Agung Puro Pakualaman Yogyakarta, dan lima masjid lainnya di masing-masing kabupaten/kota,” ungkapnya.

Dalam sambutannya, Maladi pun mengatakan, Hari Raya Idul Adha merupakan momentum yang tidak hanya untuk semata-mata beribadah kepada Allah SWT, tapi juga mengandung unsur sosial dalam bentuk kepedulian terhadap sesama. Penyembelihan dan penyaluran daging hewan qurban ini diharapkan bisa menjadi kesempatan berbagi kebahagiaan kepada seluruh lapisan masyarakat di DIY.

“Kami berharap para penerima bantuan hewan qurban bisa mengelola dan menyalurkannya dengan baik, benar, dan amanah, sehingga esensi dari Idul Adha dapat tercapai,” imbuhnya.

Sementara itu, Pemilik Sapi Bantuan Presiden RI, Sulistyo Hadi mengatakan, dirinya sengaja mengikuti audisi sapi qurban untuk bantuan Presiden RI. Ia pun mengajukan dua sapi yang salah satunya ialah Sonar. Menurut Sulistyo, kedua sapinya lolos uji kesehatan, tetapi Sonar yang akhirnya dipilih menjadi bantuan Presiden RI.

“Sonar ini jenis sapi Simmental. Usianya kira-kira empat tahun dengan berat satu ton. Sapi ini sudah saya pelihara sekitar delapan bulan. Untuk harganya Rp.78 juta,” ungkap warga Pedukuhan Salam, Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman.

Sapi Bantuan Presiden RI lainnya ialah Gombloh, milik Rika Daru, warga Kapanewon Sedayu, Kabupaten Bantul. Sapi berusia tiga setengah tahun ini juga diajukan menjadi salah satu kandidat hewan qurban bantuan Presiden RI sejak dua bulan lalu. Sapi seharga Rp.87 juta ini diserahkan pada Istana Kepresidenan Yogyakarta. (Rt)

HUMAS DIY