Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 59399 suara dari 75625 suara
79%
Tidak: 16226 suara dari 75625 suara
21%

Graha Padmanaba Ditergetkan Selesai Akhir 2021

16 September 2020 - 14:43

Yogyakarta (16/09/2020) jogjaprov.go.id - Keluarga Besar Alumni Padmanaba SMA Negeri 3 Yogyakarta berencana membangun sebuah gedung yang akan diberi nama Graha Padmanaba. Gedung yang akan berada di dalam area SMA Negeri 3 Yogyakarta ini ditargetkan selesai di akhir 2021.

Hal ini diungkapkan Ketua Keluarga Besar Alumni Padmanaba SMA Negeri 3 Yogyakarta, Hendri Saparini pada Rabu (16/09). Usai bertemu dengan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Hendri mengungkapkan, Graha Padmanaba nantinya akan terdiri dari tujuh lantai.

“Tujuan pembangunan gedung ini ada dua. Pertama, untuk mengembalikan sekolah kami yang tergolong heritage ini ke bentuk aslinya, sehingga bangunan-bangunan tambahannya akan kita hilangkan, dipindahkan ke gedung yang baru. Kedua, untuk menuju era pendidikan 4.0 tentu membutuhkan fasilitas dan infrastruktur yang jauh lebih mumpuni,” jelasnya.

Menurut Hendri, kedua tujuan inilah yang mereka sampaikan kepada Gubernur DIY. Pihaknya pun sekaligus mengutarakan keinginan para alumni agar Ngarsa Dalem bisa hadir pada acara groundbreaking atau peletakan batu pertama.

Dalam pertemuan ini, diakui Hendri, Sri Sultan memberikan beberapa masukan terkait pembangunan Graha Padmanaba ini. Salah satu hal penting yang disampaikan ialah pembangunan gedung ini tidak boleh hanya bermanfaat untuk SMA Negeri 3 Yogyakarta saja.

“Saya kira hal ini juga sudah sesuai dengan tujuan para alumni. Di gedung ini nantinya ada fasilitas-fasilitas seperti ruang kreatif dan ruang pertunjukan, yang juga bisa dimanfaatkan oleh siswa dari sekolah lain,” imbuhnya.

Hendri menambahkan, pembangunan gedung ini juga terintegrasi dengan lapangan besar yang ada di situ, sehingga nantinya bisa menjadi pembangunan yang juga terintegrasi dengan perencanaan Pemerintah Kota Yogyakarta.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia Pembangunan Graha Padmanaba, Triyanto mengatakan, nilai bangunan dari gedung ini diperkirakan sebesar Rp15miliar. Sumber pendanaan pun murni dari sumbangan para alumni.

“Kami tidak memakai dana APBN atau APBD sama sekali. Kami mengupayakan semaksimal mungkin hanya memakai dana dari para alumni yang totalnya ada sekitar 13.000 orang,” ujarnya.

Triyanto pun menegaskan, pihaknya telah mengikuti semua prosedur dan sudah memenuhi semua izin yang terkait pembangunan gedung ini, termasuk kesesuaian dengan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kota Yogyakarta. Pihaknya pun telah melakukan sosialisasi kepada warga sekitar lokasi pembangunan.

“Dan di akhir 2020 nanti saat akan memulai pembangunan, rencananya kami akan kembali melakukan sosialisasi ke warga. Kami ingin hubungan dengan masyarakat sekitar tetap baik,” imbuhnya. (Rt)

HUMAS DIY