Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 59641 suara dari 75913 suara
79%
Tidak: 16272 suara dari 75913 suara
21%

Sekda DIY: Semua SMK Negeri di DIY Sudah BLUD Tahun 2021

29 September 2020 - 15:35

BANTUL(29/09/2020) jogjaprov.go.id. – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) N 1 Sewon Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan SMK Negeri ke-3 yang ditetapkan oleh Gubernur DIY sebagai Sekolah Menengah Negeri Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Penetapan ini didapatkan setelah penetapan yang diberikan pada SMK N 6 Kota Yogyakarta dan SMK 3 Wonosari, Kabupaten Gunungkidul. Selanjutnya, akan ada 2 SMK Negeri lagi yang akan ditetapkan sesuai BLUD menurut Surat Keputusan (SK) Gubernur DIY.

Demikian disampaikan Sekda DIY Drs. Kadarmanta Baskara Aji didampingi Plt. Kepala Sekolah SMK N 1 Sewon, Bantul  Drs. Ardani.MPd usai menyerahkan SK Gubernur DIY atas penetapan SMK N 1 Sewon sebagai BLUD pada Selasa (29/09) di Aula Bima, SMK N 1 Sewon, Bantul. Agenda ini turut dihadiri penggagas SMK Negeri BLUD DIY yang juga mantan Kepala BPKA DIY Drs. Bambang Wisnu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transamigrasi DIY, Kepala BKD DIY, Kepala BPKA DIY, Kepala Dinas Pendidikan dan Olah Raga DIY, Kepala Dinas Dikpora Kabupaten/Kota se DIY, dan Kepala OPD terkait lainnya. 

Baskara Aji kemudian menjelaskan, "Sekolah BLUD itu pengelolaan managemennya seperti pengelolaan BMUD, pendapatannya itu menjadi bagian dari perencanaan APBD sekolah bersangkutan. SMK-SMK negeri itu akan mendapatkan pendapatan sendiri dan dipergunakan sendiri oleh SMK."

Lebih lanjut, ketika disinggung mengenai target penetapan SMK Negeri menjadi BLUD, Aji mengatakan bahwa target penetapan 49 SMK Negeri yang ada di DIY menjadi BLUD akan selesai pada akhir tahun 2021. Aji lantas menegaskan bahwa sejatinya semua SMK Negeri itu harus BLUD. "Jadi sekarang ini siapa yang siap menjadi ujicoba bersama-sama dengan BPKA. Aji berharap agar manajemen SMK N 1 Sewon Bantul dalam memberikan layanan kepada siswa dan masyarakat akan jauh lebh baik. "Karena perkembangan dan keterserapan anak-anak lulusan SMK Negeri 1 Bantul di tahun yang sama dengan kesempatan pertama untuk bekerja itu sudah bagus, di atas 90 persen," tukas Aji. 

Aji menilai bahwa dengan adanya SK BLUD tersebut, semestinya teman-teman, para guru, karyawan SMK Negeri Sewon lebih bersemangat. "SK akan memudahkan Bapak/Ibu di SMK ini untuk mengembangkannnya meskipun awalnya merasa berat dikejar-kejar pekerjaan, pertanggunganjawaban. Namun pada akhirnya kerja keras tersebut menjadi berkah bukan saja untuk sekolah ini, akan tetapi nantinya akan menjadi penyemangat sekolah SMK Negeri yang lain. Jika pekerjaan itu dilaksanakan dengan rasa bahagia akan senang, tidak terasa capek, capeknya kalau sudah di rumah," ungkap Baskara Aji.

Sementara itu pencetus/penggagas SMK Negeri BLUD Drs. Bambang Wisnu Handoyo menyatakan bahwa SMK Negeri Sewon ini telah penuh prestasi. "Tetapi apapun yang terjadi dalam meraih prestasi itu, ada satu yang tidak pernah diperhatikan adalah internal kita yang bisa kita sajikan jauh lebih hebat, jauh lebih mantap. Kata kunci SMK BLUD adalah lebih fleksibel," jelas Bambang. 

Menurut Bambang Wisnu  jauh paling penting BLUD  ini harus punya target  yaitu yang pertama SMK BLUD menjadi pilihan pertama bagi siswa atau masyarakat  untuk menyekolah anaknya. "SMK berstatus BLUD seharusnya menjadi penyangga kesiapan masalah lapangan kerja yang memadai, serta membuka peluang ketersediaan lapangan kerja yang lebih baik fleksibilitasnya, sebagaimana mengelola sebuah sekolah dengan kategori maju," jelas Bambang Wisnu. 

Lebih lanjut, mantan Kepala DPKA DIY ini menuturkan, "SMK Negeri 1 Sewon ini berubah segala-galanya, managemennya, pengelolaan SDM-nya, kesiswaannya harus berubah. Oleh karena itu, SMK Negeri 1 Sewon yang sekarang dengan SMK Negeri Sewon pada 5 tahun mendatang sudah harus berubah," tukasnya. 

Adapun pada kesempatan tersebut, Sekda DIY turut meninjau pameran siswa dari berbagai jurusan yakni Perhotelan, Kompetensi Teknis Komputer dan Jaringan, Kompetensi Tata Kecantikan, dan Kompetensi Busana. Acara turut dimeriahkan oleh penampilan Tari Kipas Kembar oleh siswa-siswi SMK N 1 Sewon asuhan Sri Purwaningsih yang diiringi gamelan. (krn)

HUMAS DIY