Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 59641 suara dari 75913 suara
79%
Tidak: 16272 suara dari 75913 suara
21%

Slovakia Tawarkan Kemajuan Teknologi Mesin pada DIY

16 Oktober 2020 - 16:55

Yogyakarta (16/10/2020) jogjaprov.go.id – DIY memiliki peluang yang sangat besar untuk bisa menjalin kerjasama yang lebih erat dengan Republik Slovakia. Terutama untuk kemajuan teknologi yang memang menjadi unggulan dari negara tersebut.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyampaikan bahwa tidak hanya bidang IT dan pendidikan saja yang memiliki peluang kerjasama antara DIY dengan Slovakia, namun sektor lain pun perlu digali. Hal ini diungkap Sri Sultan usai menerima audiensi Duta Besar Slovakia, Jaroslav Shlebo, di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

“Nanti kita cari ruang-ruang apa yang bisa dilakukan dan dikerjasamakan, nanti kita akan bahas itu, dan tetap harus kita identifikasi,” ungkap Sri Sultan, Jumat (16/10).

Sementara itu Shlebo menyampaikan, selama ini perusahaan-perusahaan Slovakia telah melakukan kerjasama dengan DIY. Untuk itu, dirinya berupaya untuk mengembangkan kerjasama dengan DIY di berbagai sektor. “Keunggulan Slovakia adalah teknologi mekanik. Jadi kita akan melakukan penjajakan terkait dengan kerjasama di bidang yang menjadi keunggulan kami,” ungkap Shlebo.

Lebih lanjut Shlebo menambahkan, melihat penanganan Covid – 19 di DIY yang terbilang bagus, dirinya juga menawarkan kerjasama pengadaan alat-alat kesehatan. Peralatan yang ditawarkan adalah alat-alat yang diperlukan untuk menangai pasien Covid -19.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan DIY, Agus Priono menambahkan, saat ini DIY dan Slovakia saling melakukan penjajakan untuk melihat peluang peningkatan kerjasama. Ada beberapa hal menjadi pokok diskusi salah satunya adalah pengadaan suku cadang kereta.

“Nanti mungkin kita akan kerjasama di bidang pengadaan suku cadang kereta api. Selain itu juga pengembangan kapal perikanan, pendidikan, dan lainnya. Saat ini hal ini sangat memungkinkan untuk dikerjasamakan,” jelas Agus.

Agus akan menggodok dengan serius peluang-peluang tersebut nanti bersama dengan timnya. Sehingga diharapkan akan ada tindak lanjut dan hasil yang positif terkait dengan penjajakan-penjajakan yang dilakukan kedua belah pihak. Harapannya pembangunan ekonomi, pemulihan kesehatan dan pendidikan di DIY akan segera terwujud. (uk)

Humas Pemda DIY