Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 60038 suara dari 76391 suara
79%
Tidak: 16353 suara dari 76391 suara
21%

Pemda DIY Diskusikan Pembiayaan SPAM Kamijoro

19 November 2020 - 15:58

Yogyakarta (19/11/2020) jogjaprov.go.id - Pemerintah Daerah (Pemda) DIY tengah dalam tahap pembicaraan dengan pemerintah pusat terkait pembiayaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kamijoro. Diskusi ini termasuk penentuan tarif dasar air bersih yang nantinya bisa dinikmati masyarakat umum.

Hal ini diungkapkan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X usai Zoom Meeting Pembahasan SPAM Kamijoro dan Kajian TPA Sampah Piyungan pada Kamis (19/11) di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Sri Sultan mengungkapkan, saat ini ketersediaan air bersih menjadi salah satu persoalan bagi DIY.

“Pembicaraan tadi intinya, kita dengan pemerintah pusat ingin sharing pembiayaan untuk mengatasi persoalan ar bersih. Kami di DIY ini memang sedang kekurangan air bersih karena tidak bisa lagi mengambil dari Kaliurang usai peristiwa Merapi 2010, jadi harus mengambil dari tempat lain,” papar Sri Sultan.

Diungkapkan Sri Sultan, dengan dibangunnya Bendung Kamijoro, persoalan air bersih di DIY bisa teratasi. Dari Kamijoro dimungkinkan DIY bisa mendapatkan sekitar 280ribu liter per detik air bersih. Air bersih ini direncanakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi Kabupaten Bantul dan Kulon Progo, baik bagi publik maupun kebutuhan air untuk bandara baru.

“Kami maunya investasi, tapi karena pembiayaannya itu cukup mahal, jadi harga jual dari PDAM ke publik nanti mau berapa, belum tahu. Karena harganya kemungkinan lebih tinggi dari harga air permeter kubik yang ada sekarang. Kami pun meminta waktu untuk negosiasi, bagaimana pemerintah pusat bisa membantu pembiayaan agar harga satuannya bisa segera ditentukan, sehingga harga jual lebih pasti,” jelas Sri Sultan.

Sri Sultan pun mengungkapkan, Pemda DIY berharap PDAM di Bantul maupun Kulon Progo harus bisa memperluas jaringan saluran air bersih agar semakin banyak masyarakat yang bisa membeli air bersih dari SPAM Kamijoro nantinya.

Pada zoom meeting kali ini, Gubernur DIY didampingi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY, Tri Saktiyana; Kepala Bappeda DIY, Beni Suharsono; Kepala Dinas PU dan ESDM DIY, Hananto Hadi Purnomo; dan Ketua Tim Pelaksanaan Percepatan Program Prioritas Pembangunan DIY, Rani Sjamsinarsi. Zoom meeting dilakukan bersama Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan RI. (Rt)

HUMAS DIY