Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 64510 suara dari 82246 suara
78%
Tidak: 17736 suara dari 82246 suara
22%

Seminggu Diresmikan, Kantor Baru LPM DIY Mulai Bisa Layani Masyarakat

11 Desember 2020 - 14:24

[Yogyakarta, Jumat 11/12/2020] – Sepekan setelah diresmikan, kantor baru Dewan Pengurus Daerah (DPD) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) DIY resmi beroperasi. Usai diresmikan secara sederhana pada Jumat, 4 Desember 2020 lalu, kantor LPM DIY yang berlokasi di Kompleks Kepatihan, Danurejan, Yogyakarta mulai ditempati. Kini masyarakat bisa hadir langsung ke kantor untuk berdiskusi terkait pemberdayaan masyarakat di lingkungan masing-masing.

Dalam peresmian hari Jumat lalu yang dihadiri oleh Asisten Sekda Bidang Pemberdayaan Sumber Daya Masyarakat, Drs. Tri Mulyono, MM, disampaikan bahwa kehadiran kantor baru LPM DIY ini bisa mendorong kinerja pengurus agar bisa berkontribusi lebih baik untuk masyarakat di Yogyakarta.

“Keberadaan LPM DIY tentu harus berbeda. DIY adalah daerah yang istimewa, desa saat ini sebutannya sudah menjadi kalurahan, kecamatan menjadi kapanewon. Sehingga kami harap fungsi dari LPM ini khususnya untuk perencanaan yang partisipatif, artinya masyarakat desa harus benar-benar terlibat sebagai subyek. Demikian juga dalam pembangunan harus melibatkan gotong royong masyarakat dengan semangat-semangat keistimewaan. Sekali lagi kami ucapkan selamat, untuk kantor baru DPD LPM DIY,” ujar Tri Mulyono pada Jumat (4/12).

Sementara itu, KPH Notonegoro selaku Ketua DPD LPM DIY menyampaikan bahwa peresmian kantor baru pada hari Jumat lalu digelar sederhana karena masih dalam situasi pandemi. Acara hanya dihadiri Asisten Sekda selaku perwakilan dari Pemda DIY dan pengurus yang jumlahnya tak lebih dari 20 orang. Rangkaian acara pun dibuat sederhana mulai dari pengguntingan pita sebagai penanda diresmikannya kantor baru LPM DIY, doa bersama dan pemotongan tumpeng untuk diserahkan kepada Wakil Ketua II LPM DIY, Singgih Maryanto, S.I.P.

“Kami berharap kantor sekretariat baru ini membawa semangat baru bagi pengurus LPM DIY untuk berkontribusi aktif dalam bidang pemberdayaan masyarakat, baik dari segi ekonomi, sosial, maupun budaya. Meski kami mencoba hadir lebih dekat secara digital melalui media sosial seperti di Facebook

LPM DIY dan Instagram @lpm.diy, kami merasa perlu ada tempat untuk berdiskusi langsung dengan masyarakat. Sehingga lokasi kantor kami yang masih berada di area atau Kompleks Kepatihan dan benar-benar berada di tepi jalan Malioboro ini harapannya cukup strategis dijangkau masyarakat,” ungkap KPH Notonegoro.

Setiap hari dan jam kerja yaitu Senin-Jumat di kantor LPM ada pengurus yang piket dan bisa melayani masyarakat yang ingin berdiskusi terkait pengembangan dan pemberdayaan daerahnya masing-masing. Kedepannya dalam waktu dekat Lembaga Pembedayaan Masyarakat (LPM) DIY akan bekerja-sama dengan Paniradya DIY untuk meningkatkan peran LPMD dalam kerangka keistimewaan DIY. Keistimewaan yang membawa nuansa baru seperti pengucuran dana keistimewaan ke tingkat desa ini perlu disikapi dengan mekanisme kerja yang istimewa juga. Oleh karena itu LPM bersama Pemda dan para pemangku kepentingan lain kini sedang mengolah agar mekanisme perencanaan program pembangungan di tingkat desa dalam konteks keistimewaan ini tepat guna dan tepat sasaran.

“Kami dari DPD LPM berterima kasih sekali kepada Pemda DIY atas fasilitasi kantor ini. Selanjutnya saya mohon doa restu dari seluruh masyarakat supaya kami bisa menjalankan tugas dan tanggung jawab kami dengan baik, demi kepentingan masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta” tutup KPH Notonegoro.