Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 63273 suara dari 80738 suara
78%
Tidak: 17465 suara dari 80738 suara
22%

Membangun Imunitas Fisik dan Spiritual di Tengah Pandemi

13 Januari 2021 - 14:08

Yogyakarta (13/01/2021) jogjaprov.go.id – Sekretariat Daerah Pemda DIY kembali menggelar Pengajian Pejabat dan Aparat di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pembukaan acara pengajian ini dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting, guna mematuhi protokol kesehatan selama masa pandemi CoViD 19 dan disiarkan secara langsung melalui media JiTV, di Gedhong Pracimasono, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, pada Rabu (13/01),

Pelaksanaan pengajian putaran pertama tahun 2021 yang bertepatan dengan peringatan berdirinya Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat ini  dihadiri oleh Asisten III Sekda DIY Bidang Pemberdayaan Sumber Daya Masyarakat, Drs. Tri Mulyono, MM., Kepala Kanwil Kemenag DIY, Drs. H. Edhi Gunawan, M.Pdi dan para Kepala OPD di Lingkungan Pemda DIY.

Gubernur DIY dalam sambutan dibacakan oleh Asisten III Setda, menyampaikan bahwa selama pandemi belum usai, kita harus beradaptasi dalam menjaga silaturahmi. Bila tidak memungkinkan untuk bersilaturahmi secara bertatap muka langsung  maka dalam masa pandemi ini kita dapat melakukan silaturahmi secara daring. Bersilaturahmi yang dilakukan ikhlas semata karena Allah dapat menghapus dosa bagi sesama muslim. Tentunya baik dalam  bersilaturahmi maupun melakukan kegiatan sehari-hari kita selalu menerapkan protokol kesehatan.

Adapun acara inti dari pengajian tersebut adalah ceramah yang disampaikan oleh Dr. dr. H. Sagiran Sp. B (k) KL, M. Kes., berisi himbauan kepada kita semua untuk membiasakan diri menjaga sholat, membaca Al-Quran dan senantiasa menggantung wudhu. Dengan mendekatkan diri kepada Allah dan menjalankan perintah agama menjadi sarana modalitas penyembuhan. “Ingatlah selalu lima perkara sebelum lima perkara (kaya sebelum miskin, sehat sebelum sakit, muda sebelum tua, lapang sebelum sempit, hidup sebelum mati),” papar ustadz Sagiran.

Selain itu ustadz Sagiran juga berpesan untuk menjaga imunitas dengan menjaga kebugaran, dengan tetap beraktivitas. Menjaga keseimbangan antara aktivitas berolahraga, kerja, makan dan istirahat. Nilai-nilai Islam ketika kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari sangat berpengaruh dalam kehidupan kita, baik untuk kesehatan jasmani dan spiritual(Fk)

HUMAS DIY