Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 64509 suara dari 82245 suara
78%
Tidak: 17736 suara dari 82245 suara
22%

Naban Pemda DIY Akan Mendapat Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan

02 Maret 2021 - 15:26

Yogyakarta (2/03/2021) jogjaprov.go.id – Pemerintah Daerah DIY dan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Yogyakarta melakukan penandatangan Rencana Kerja Bersama tentang Pelaksanaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi Tenaga Bantu (Naban) di lingkungan Pemda DIY.

Penandatanganan Rencana Kerja ini merupakan bentuk sinergi pemerintah daerah dengan BPJS Ketenagakerjaan dan tindak lanjut Penandatanganan Nota Kesepakatan antara Gubernur Pemda DIY dengan Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan pada November 2020.

Penandatanganan ini dilakukan oleh Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji dengan Asri Basri selaku Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Yogyakarta, Selasa (02/03) di Gedhong Pracimosono, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Kadarmanta Baskara Aji menyebutkan banyak hal yang harus disampaikan kepada masyarakat bahwa asuransi atau jaminan sosial ketenagakerjaan atau jaminan sosial yang lainnya sangat diperlukan di dalam proses sehari-hari.

Sebagai wujud tanggung jawab Pemda DIY terhadap Naban di lingkungan Pemda DIY, pemerintah mengikutsertakan Naban untuk jaminan sosial ketenagakerjaan. Hal ini dilakukan sekaligus sebagai contoh kepada para lembaga/pengusaha yang memiliki tenaga kerja.

Selain untuk memenuhi kewajiban yang diamanatkan kepada Pemda DIY, tujuan diikutsertakan jaminan soisal ketenagakerjaan bagi Naban dalam rangka memberikan kesejahteraan bagi pegawai dan tenaga kerja.

Apabila terjadi hal yang tidak diinginkan, Naban dalam jangkauan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. “Naban semuanya kita ikut sertakan didalam jaminan sosial ketenagakerjaan yaitu, mulai dari yang kerja di Kepatihan ini sampai di sekolah-sekolah baik SMA, SMK maupun SLB kita ikutkan”, terang Aji.

Sementara Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Yogyakarta, Asri Basri menyampaikan terima kasih kepada Pemda DIY. “Saya menghaturkan terima kasih kepada Pemda DIY, atas dukungannya terhadap pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan di DIY yang telah mendaftarkan Tenaga Bantu (Naban) Pemda DIY pada program BPJS Ketenagakerjaan”, tutur Asri Basri.

Asri Basri juga menjelaskan, dalam masa pandemi Covid-19 terdapat 3 momentum BPJS Ketenagakerjaan diantaranya; adanya kenaikan manfaat (iuran tetap), relaksasi untuk iuran Naban Pemda DIY  mulai Agustus 2020-Januari 2021 sebesar Rp 255.440.989 dan Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada Naban menerima BSU sekitar 8,3 miliar rupiah.

Dalam kesempatan yang sama, Sekda DIY dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Yogyakarta menyerahkan santunan secara simbolis kepada 4 perwakilan ahli waris tenaga kerja yang meninggal dunia pada saat tugas.

Mereka adalah 1 tenaga kerja dari Balai RTPD DIY, 1 tenaga kerja dari SMA N 1 Sanden,  1 tenaga kerja dari SLB Negei Pembina, dan 1 orang tenaga kerja dari SMA N 1 Cangkringan. Besarnya santunan yang diperoleh senilai Rp42juta rupiah per orang.  

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala BKD DIY Amin Purwani, Plt. Kepala BPKA DIY Beny Suharsono, dan Kepala Biro Tapem Pemda DIY Sugeng Purwanto beserta jajarannya. (Fk)

HUMAS DIY