Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 64510 suara dari 82246 suara
78%
Tidak: 17736 suara dari 82246 suara
22%

Sri Paduka Sarankan Program BPS Libatkan Mahasiswa

08 April 2021 - 11:12

Yogyakarta (08/04/2021) jogjaprov.go.id – Pariwisata dan pendidikan tinggi adalah dua sumber perekonomian DIY yang sangat terdampak oleh Pandemi Covid – 19. Oleh karena itu, sangat baik apabila lembaga seperti Badan Pusat Statistik (BPS) turut serta menghidupkan kembali potensi pendidikan tinggi ini.

Wagub DIY, KGPAA Paku Alam X menyampaikan hal demikian saat menerima Kepala BPS DIY lama dan baru, Kamis (08/04) di Gedhong Pare Anom, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Kepala BPS lama, Dr. Heru Margono, M.Sc berpamitan kepada Wagub DIY. Dirinya akan digantikan oleh Sugeng Arianto, M.Si yang sebelumnya bertugas di BPS Kabupaten Bantul.

Sri Paduka menyampaikan, BPS DIY bisa membantu membangkitkan kembali gairah kegiatan pendidikan tinggi melalui kerjasama. Bisa dimulai dengan kerjasaa di bidang akademisi dengan perguruan tinggi yang melibatakan mahasiswanya.

“BPS bisa kerjasama dengan mahasiswa untuk membantu kelancaran kinerja juga. Jadi mahasiswa bisa mendapatkan nilai dan pengalaman, BPS juga akan dipermudah dalam melaksanakan tugasnya. Juga akan mendapatkan sumber pemikiran baru yang masih segar dari mahasiswa,” ungkap Sri Paduka.

BPS, menurut Sri Paduka, diharapkan bisa menjalin komunikasi dengan pihak perguruan tinggi untuk merealisasikan pemberdayaan mahasiswa. Dengan begitu, selain perekonomian berputar, juga akan memberikan manfaat dari segi pendidikan dan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa.

Sementara itu, Sugeng menanggapi positif apa yang menjadi arahan Wagub DIY tersebut. Dirinya akan mengintensifkan kerjasama dengan perguruan tinggi. Selian itu, Sugeng juga mengaku siap untuk meneruskan program-program BPS DIY yang merupakan program jangka panjang dari pimpinan sebelumnya.

“Saya tentu akan melanjutkan program-program yang sudah dijalankan dan terutama sekali kita akan terus meningkatkan koordinasi dengan jajaran Pemda DIY, dengan Pak Gubernur dengan Pak Wagub dan juga yang lain,” ungkapnya.

Sugeng juga berkomitmen akan melaksanakan semua tugas-tugas utama di bidang perstatistikan. Namun dirinya juga berjandi akan mendukung semua proses pembangunan di DIY. Dirinnya akan berupaya keras untuk melaksanakan kolaborasi yang intens dengan semua pihak. Hal ini karena tanpa dukungan, BPS DIY mengaku tidak akan bisa melaksanakan tugas dengan baik. 

“Sekarang statistik arahnya lebih ke arah desentralisasi juga, sehingga peran serta pemangku kepentingan lain terutama di jajaran Pemda juga sangat kami perlukan,” tuturnya.

Heru Margono yang merupakan Kepala BPS lama juga menyampaikan pekerjaan yang harus dilakukan BPS masih banyak dan bersifat rutin setiap tahunnya. Tahun inipun akan dilakukan kelanjutan dari Sensus Penduduk Tahun 2020 yang akan dilaksanakan secara sample. Tentu dukungan dari Pemda sangat diperlukan agar program bisa selesai dengan baik.

Heru juga mengungkapkan rasa terimakasihnya terhadap dukungan Pemda DIY atas terselenggaranya pekerjaan BPS yang lebih baik. Heru berharap kerjasama akan berlanjut dengan baik. “Secara pribadi, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dan kerjasamanya selama ini dan saya tetap berharap dukungan ini akan berlanjut di masa yang akan datang,” tutup Heru. (uk)

Humas DIY