Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 64510 suara dari 82246 suara
78%
Tidak: 17736 suara dari 82246 suara
22%

Sambut Ramadhan Produktif, Pemda DIY Gelar Pengajian Putaran Keempat

08 April 2021 - 15:21

Yogyakarta (08/04/2021) jogjaprov.go.id – Jelang bulan suci Ramadhan, Pemda DIY gelar pengajian rutin pejabat dan aparat putaran keempat tahun 2021 yang disiarkan langsung melalui kanal Youtube Jogja Istimewa TV. Tausiah yang mengambil tema “Semakin Sehat, Produktif dan Shalih dalam Ramadhan yang Suci di Ujung Pandemi” ini disampaikan oleh H. Agus Taufiqurrahman. Dalam tausiahnya, ia menyampaikan atmosfer bulan Ramadhan yang tinggal menghitung hari sudah semakin terasa.

“Atmosfer di media sosial, pusat perbelanjaan, radio, televisi, gema songsong Ramadhan semakin nampak, terlebih lagu-lagu tentang kerinduan Ramadhan sudah mulai di dengarkan,” tandasnya, Kamis (08/04). Dalam tausiah tersebut juga mengupas tuntas topik hangat seputar aktivitas di bulan Ramadhan diantaranya tingkat keamanan saat beribadah di masjid pada masa pandemi dan keraguan vaksinasi di bulan Ramadhan dapat membatalkan puasa atau tidak.

Menurutnya, saat ini setiap masjid sudah mempunyai panduan beroperasi di masa pandemi. Masyarakat tidak perlu khawatir untuk beribadah karena setiap masjid sudah menerapkan protokol kesehatan yang baik diantaranya terdapat ventilasi udara yang cukup dan aliran air yang lancar. Selain itu, untuk meminimalisir penularan Covid-19 pengurus masjid turut menghimbau masyarakat untuk membawa alat sholat milik pribadi.

Lebih lanjut, Agus mengatakan, vaksinasi menjadi bagian dari ikhtiar untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. “Sehingga, vaksinasi di bulan Ramadhan tidak akan membatalkan puasa bagi seorang muslim,” tegasnya.

Ia turut menambahkan, hal tersebut diperkuat dengan hasil Fatwa MUI No 2 Tahun 2021, injeksi vaksin tidak akan memberikan kekuatan energi seperti orang makan dan minum sehingga injeksi vaksin tidak akan membatalkan puasa di bulan Ramadhan. (nf)

Humas Pemda DIY