Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 65842 suara dari 84323 suara
78%
Tidak: 18481 suara dari 84323 suara
22%

BAZNAS DIY Serahkan ZIS pada Pemda DIY

11 Mei 2021 - 14:41

Yogyakarta (11/05/2021) jogjaprov.go.id – Plt. Asisten Sekda DIY Bidang Pemberdayaan Sumber Daya Masyarakat, Drs. Tri Saktiyana, M.Si, mewakili Sekda DIY menyerahkan secara simbolis Distribusi Zakat, Infak, dan Sodaqoh (ZIS) dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) DIY. ZIS yang diserahkan Selasa (11/05) di Pendapa Wiyata Praja, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, berupa paket logistik keluarga kepada 10 penerima perwakilan OPD di lingkungan Pemda DIY.

Acara penyerahan ini dihadiri pula oleh Plt. Ketua BAZNAS DIY, Drs. H. Mukhlas, M.Si., dan Kepala Biro Umum, Humas, dan Protokol Setda DIY, Drs. Imam Pratanadi, MT. Pada kesempatan yang sama dilakukan pula Penyaluran Zakat Fitrah dan Tunai kepada marbot Masjid Sulthoni Pemda DIY serta Donasi Bantuan Bencana dan Ekonomi Produktif kepada Kepala Dinas Sosial DIY.

Dalam sambutannya, Tri Saktiyana mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada BAZNAS DIY yang telah menyelenggarakan Program Ramadan BAZNAS DIY. Program ini dilakukan melalui 4 program distribusi yakni Paket Logistik Keluarga, Layanan Aktif BAZNAS DIY, Tebar Al-Quran dan Kajian Berbuka Ramadan, serta Penyaluran Zakat Fitrah dan Fidyah.

“Jadi acara di pendapa ini adalah kemampuan BAZNAS DIY untuk melakukan simbolisasi agar supaya kegiatan-kegiatannya akuntable dapat dipertanggungjawabkan dan terbuka untuk umum, diketahui untuk umum, ini satu langkah yang baik,” ungkap Tri Saktiyana.

Sementara itu, Plt ketua BAZNAS DIY mengatakan, dalam rangka momentum bulan suci Ramadhan 1442H, seluruh lembaga pengelola zakat BAZNAS dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) terus bersinergi  mendukung program-program pemerintah melalui berbagai kegiatan. Beberapa di antaranya, penyaluran dana ZIS dan Dana Sosial Keagamaan Lainnya (DSKL), dalam bentuk konsumtif dan produktif.

Total alokasi anggaran distribusi Program Ramadhan 1442H oleh BAZNAS se-DIY dan LAZ se-DIY mencapai lebih dari Rp 5,3miliar. Sedangkan total Donasi Bencana, Ekonomi Produktif dan Zakat Fitrah kurang lebih mencapai Rp 373juta. Pendistribusian Paket Logistik Keluarga/ sembako dilakukan oleh  6 BAZNAS se-DIY dan 12 LAZ se-DIY, sejumlah lebih dari 25.063 paket dengan total anggaran sebesar Rp 3,8miliar.

“Harapannya, melalui kegiatan pentasharufan yang dilakukan oleh seluruh lembaga filantropi Islam ini, dapat membantu meringankan kesejahteraan masyarakat di DIY, serta menurunkan angka kemiskinan secara berkelanjutan,” jelas Mukhlas.

Ia pun menjelaskan, kegiatan penyerahan simbolis distribusi ZIS BAZNAS DIY hari ini, sangat penting diselenggarakan sebagai cerminan positif terhadap pelaksanaan pengelolaan dana ZIS-DSKL yang terkumpul, khususnya dari ASN Pemda DIY yang kemudian disitribusikan melalui berbagai program pemberdayaan zakat yang bisa dirasakan langsung manfaatnya.

Acara ini dihadiri pula oleh Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama DIY, Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY dan seluruh kepala OPD beserta jajarannya, serta Ketua Takmir Masjid Sulthoni Pemda DIY dan perwakilan penerima ZIS. (fk)

HUMAS DIY.