Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 65840 suara dari 84321 suara
78%
Tidak: 18481 suara dari 84321 suara
22%

Pemda DIY Apresiasi Penuh Bulan Mutu Karantina Keenam

08 Juni 2021 - 15:12

Yogyakarta (08/06/2021) jogjaprov.go.id - Pemda DIY memberikan dukungan penuh perayaan Bulan Mutu Karantina Tahun 2021 yang menginjak tahun keenam, melalui kegiatan Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Peduli Sosial dengan tujuan meningkatkan angka konsumsi ikan masyarakat se-Indonesia, terutama DIY yang masih tergolong rendah, yakni 31,24 kg/kapita. 

Agenda yang diselenggarakan di Pendapa Wiyata Praja dipimpin oleh Asisten II Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Tri Saktiyana ini turut dihadiri langsung oleh Wakil Ketua Tim Penggerak PKK DIY Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu Adipati Paku Alam (Gusti Putri); Staff Ahli Menteri Kelautan dan Perikanan RI bidang Ekologi dan Sumber Daya Laut; Kepala BKIPM Yogyakarta; serta perwakilan Tim Penggerak PKK kab/kota se-DIY.

Dalam sambutannya, Tri Saktiyana menjelaskan DIY yang mempunyai panjang pantai sekitar 130km di sisi selatan, mempunyai kualitas dan kandungan gizi ikan yang lebih baik dibandingkan di pantai sisi utara. Harapannya, kualitas ikan tersebut dapat membantu pemenuhan gizi masyarakat DIY. 

“Rencananya, Pemda DIY akan memanfaatkan komoditas ikan tidak sebatas dikonsumsi namun akan dijualbelikan antardaerah atau negara. Kami akan memanfaatkan Yogyakarta International Airport (YIA) yang mempunyai kemampuan cargo terbesar sehingga dapat dijadikan fasilitas untuk mendukung kelancaran program tersebut,” tandasnya. 

Pemanfaatan YIA sebagai fasilitas pendukung tersebut dilandasi alasan yang cukup kuat yakni adanya jenis ikan segar yang cukup sensitif terhadap waktu. “Demi menjaga kualitas tersebut, pengiriman ikan melalui darat dan pelabuhan cukup memakan waktu, sehingga melalui transportasi udara dapat menjadi solusi yang tepat,” imbuhnya.

Sementara itu, Staff Ahli Menteri Kelautan dan Perikanan RI bidang Ekologi dan Sumber Daya Laut, Dr. Ir. Pamuji Lestari menyampaikan, kegiatan BKIPM Peduli Sosial tidak berhenti pada sosialisasi pentingnya konsumsi ikan sehat dan bermutu kepada masyarakat saja, namun akan terdapat program berkelanjutan seperti praktik pengolahan. 

Selanjutnya, pada kesempatan yang sama, Gusti Putri berharap, adanya program BKPIM Peduli Sosial dapat mengedukasi masyarakat DIY terkait ikan sehat dan bermutu, dapat menjadi sumber gizi dalam upaya meningkatkan imunitas tubuh saat pandemi. Lebih lanjut, Gusti Putri menyampaikan antusiasnya terhadap program berkelanjutan tersebut. “Masyarakat DIY tidak hanya sehat tetapi dapat lebih kreatif untuk berkreasi membuat banyak olahan ikan yang dapat dikonsumsi sekaligus dijual dan membantu perekonomian saat pandemi,” pungkasnya. (nf)

Humas DIY