Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 72163 suara dari 91611 suara
79%
Tidak: 19448 suara dari 91611 suara
21%

Penyerahan LHP Kinerja atas BUKP dan BPR di DIY

14 September 2021 - 18:50

Yogyakarta (14/09/2021) jogjaprov.go.id – Akuntabilitas dan transparansi merupakan hal yang penting dalam pengelolaan keuangan negara. Hal ini disampaikan oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X  saat menghadiri Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Kinerja atas BUKP (Badan Usaha Kredit Pedesaan) dan BPR (Bank Perkreditan Rakyat) di Wilayah DIY pada Selasa (14/09) di Gedung BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) DIY, Yogyakarta. Turut menghadiri kegiatan tersebut Kepala BPK Perwakilan Provinsi DIY Jariyatna, jajaran Direktur BUKP dan BPR di DIY,  serta segenap pejabat DPRD DIY dan DPRD di 5 kabupaten/kota.

Sri Paduka, membacakan sambutan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, menyebutkan bahwa akuntabilitas dan transparansi merupakan wujud pertanggungjawaban kinerja organisasi, khususnya yang terkait dengan pengelolaan keuangan negara kepada masyarakat. Selanjutnya, Sri Paduka juga menyampaikan bahwa Pemda DIY menyambut baik pemeriksaan oleh BPK. Pemeriksaan tersebut dilaksanakan terhadap kinerja dan efektivitas tata kelola operasional BUKP dan instansi terkait lainnya tahun buku 2020 dan 2021 (Semester I) selama kurang lebih 60 hari kerja.

Sri Paduka juga menyampaikan apresiasinya terhadap pemeriksaan yang telah dilaksanakan. “Atas nama Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, saya memberikan penghargaan dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta dan para pemeriksa yang telah melakukan pemeriksaan dengan optimal,” ungkapnya.

Kepala BPK Perwakilan Provinsi DIY Jariyatna menyebutkan bahwa pemeriksaan oleh BPK telah dijalankan sesuai dengan UU No. 15 tahun 2004 dan UU no. 15 tahun 2006. Pemeriksaan tersebut dilaksanakan sesuai dengan pedoman dalam Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN).

Jariyatna mengapresiasi Pemda DIY atas terlaksananya kegiatan pemeriksaan tersebut. “Kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama Gubernur dan Wakil Gubernur DIY, beserta segenap jajaran, Kepala-kepala BUKP, Dirut BPR, pimpinan dan anggota DPRD DIY beserta kabupaten/kota yang mendukung terlaksananya kegiatan pemeriksaan ini sehingga mendorong tumbuhnya akuntabilitas pengelolaan keuangan negara,” jelasnya.

Hasil pemeriksaan BPK tersebut akan segera ditindaklanjuti sebagai bahan perbaikan kinerja dan efektivitas tata kelola operasional BUKP serta instansi terkait lainnya. (sf)

Humas Pemda DIY