Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 75302 suara dari 95209 suara
79%
Tidak: 19907 suara dari 95209 suara
21%

Wagub DIY Kunjungi Kontingen PON XX DIY

13 Oktober 2021 - 16:06

Jayapura (12/10/2021) jogjaprov.go.id - Gelaran Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX yang dilaksanakan di Provinsi Papua telah memasuki babak akhir. Hingga hari kesebelas (12/10) penyelenggaraan, kontingen DIY telah berhasil meraih total sebanyak 35 medali, yakni 7 medali emas, 12 medali perak dan 16 medali perunggu. Perolehan medali tersebut dapat terus bertambah, karena masih ada cabang olahraga unggulan kontingen DIY yang dipertandingkan hingga penutupan pada 15 Oktober 2021 mendatang.

Untuk melihat langsung kondisi para atlet DIY, Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X melakukan kunjungan ke penginapan atlet. Beberapa tempat penginapan atlet DIY yang dikunjungi di antaranya, penginapan atlet pencak silat di Sentani, penginapan atlet kempo dan atlet rubgy di Doyo. Selain itu, Sri Paduka juga menyaksikan pertandingan final cabang olah raga volly pasir putri di Kabupaten Jayapura.

Pada kunjungan tersebut, Sri Paduka berkesempatan berdialog langsung dengan para atlet dan menanyakan kondisi kesehatan, ketersediaan fasilitas serta kesulitan-kesulitan yang dihadapi selama mengikuti rangkaian pertandingan. Pada akhir kunjungan, tidak lupa Sri Paduka memberikan pesan-pesan motivasi dan dukungan semangat kepada para atlet yang tengah bertanding maupun yang belum bertanding. “Medali itu penting tetapi jauh lebih penting untuk menjaga stamina dan kesehatan,” pesan Sri Paduka.

Ketua Umum KONI DIY, Djoko Pekik Irianto, mewakili para altet dan official menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wakil Gubernur DIY, atas kunjungan kali ini karena memberikan fighting spirit yang luar biasa kepada para atlet. Disampaikan pula bahwa kondisi para atlet DIY, baik yang akan bertanding maupun sudah bertanding dalam keadaan yang sehat wal afiat. “Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, diharapkan semua kontingen PON DIY dapat menyelesaikan seluruh rangkaian acara sesuai dengan tagline 4M kontingen DIY, yakni Mangkat Bregas, Main Trengginas, Mborong Emas, dan Mulih Waras,tegasnya.

Disela-sela rangkaian kunjungan di Papua tersebut, Sri Paduka menghadiri pertemuan dengan anggota  Paguyuban Warga Yogyakarta (Pawarta) di Jayapura. Pada pertemuan yang dihadiri oleh masyarakat yang berasal dari wilayah DIY yang berdomisili di Jayapura ini, selain dilakukan tukar-menukar cenderamata kepada perwakilan masyarakat DIY yang berasal dari kabupaten Sleman, Bantul, Gunungkidul, Kulon Progo dan Kota Yogyakarta, Sri Paduka juga berkenan menyerahkan bantuan berupa bibit tanaman pertanian dari Dinas Pertanian DIY.

Dalam sambutannya, Sri Paduka menyampaikan pentingnya menjaga persatuan, kerukunan, keakraban dan silaturahim dalam sebuah paguyuban. Warga Yogyakarta hendaknya mampu menunjukan budaya, karakter guyub rukun serta unggah-ungguh sebagai orang Jogja dimanapun berada. “Membentuk paguyuban bukan berarti dikotomi atau stigma kedaerahan, tapi justru membina silaturahim sesama handai taulan, sekaligus memberikan edukasi sosial kepada warga sekitar,” tutup Sri Paduka. (jd)

 

HUMAS DIY