Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 76078 suara dari 96175 suara
79%
Tidak: 20097 suara dari 96175 suara
21%

DWP Perlu Ambil Peran Strategis dalam Pembangunan

09 Desember 2021 - 14:43

Yogyakarta (09/12/2021) jogjaprov.go.id - Sebagai mitra strategis maupun sebagai kepanjangan tangan pemerintah daerah, Dharma Wanita Persatuan (DWP) hendaknya selalu menunjukkan kinerja yang optimal dan senantiasa bersinergi dengan pemerintah daerah. Hal ini guna mewujudkan dan turut mensukseskan program dan mewujudkan pembangunan daerah, maupun nasional.

Demikian yang disampaikan Staf Ahli Gubernur Bidang Sosial Budaya dan Kemasyarakatan, Etty Kumolowati saat menghadiri Puncak Acara Peringatan HUT DWP ke-22 Tahun 2021 DIY. Acara ini diselenggarakan di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta pada Kamis (09/12) yang dihadiri pula oleh Wakil Ketua I TP PKK DIY, GKBRAy Paku Alam. Mewakili Gubernur DIY, Etty mengatakan, sebagai mitra strategis pemerintah, DWP DIY harus tetap memperhatikan tujuan organisasi, yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kesejahteraan anggota.

“Tujuan organisasi ini juga mencakup upaya memelihara persatuan dan kesatuan bangsa. Untuk itu, Dharma Wanita memiliki peluang untuk berkiprah lebih luas dengan mengoptimalkan peran sertanya. Dharma Wanita harus mengambil peran strategis dalam pembangunan nasional,” ungkapnya.

Etty menuturkan, potensi Dharma Wanita dari pusat hingga tingkat kelurahan, menjadi kekuatan yang patut diperhitungkan untuk memberikan kontribusi penuh dalam mensukseskan program nasional. Apalagi, pentingnya peran strategis perempuan dalam aspek pembangunan semakin meningkat. Perempuan bisa mengaktualisasikan diri dalam banyak hal sesuai program prioritas.

“Saya berharap, seluruh jajaran Dharma Wanita Persatuan DIY dapat menjadi pelopor pembawa perubahan, pelopor peningkatan kualitas hidup bagi keluarga dan lingkungan untuk perubahan ke arah yang lebih baik. Sehingga, dapat mewujudkan diri sebagai center of excellence,” paparnya.

Etty menambahkan, anggota Dharma Wanita dan kaum perempuan pada umumnya harus terus mengembangkan potensi diri dan kritis dalam menyikapi problematika, terutama di masa pandemi saat ini. Dharma Wanita hendaknya bisa ikut aktif sebagai motivator lapangan dan penggerak dalam bangkitnya UMKM di DIY pada khususnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DWP DIY, Sri Endah Pujiati Baskara Aji mengatakan, sebagai salah satu organisasi perempuan Indonesia, sudah selayaknya DWP mempunyai prinsip dan mengambil peran strategis dalam konstelasi pembangunan nasional. DWP pun perlu menyelaraskan diri dengan tuntutan perubahan lingkungan.

“DWP dalam posisi sebagai mitra pemerintah, akan mendukung pemerintah dengan program kerja yang menyejahterakan anggotanya, keluarga dan masyarakat. Program-program tersebut harus memiliki dampak ganda bagi peningkatan kesejahteraan, sekaligus meningkatkan peran serta perempuan dalam pendidikan, ekonomi, sosial dan budaya,” paparnya.

Diungkapkan Sri Endah, DWP DIY sendiri telah menetapkan program unggulan yang dilaksanakan terintegrasi dengan pemerintah, masyarakat dan swasta. Tugas bangsa dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang tangguh, sejahtera dan mandiri, menjadi tanggung jawab bersama.

“Untuk itu, DWP DIY mengajak seluruh pengurus dan anggota bersama-sama meningkatkan kualitas kita sebagai perempuan, hingga kita menjadi pelaku utama dalam ketahanan keluarga,” imbuhnya. (Rt)

HUMAS DIY