Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 75302 suara dari 95209 suara
79%
Tidak: 19907 suara dari 95209 suara
21%

SOP Penanganan Bencana Ditindaklanjuti

27 Agustus 2018 - 00:00

Yogyakarta (27/08/2018) jogjaprov.go.id – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima kunjungan Kepala Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) DIY Lalu Wahyu Efendi di Gedhong Wilis, Kepatihan, Yogyakarta, Senin (27/8). Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY Bhiwara Yuswantana yang ikut mendampingi menyatakan tindak lanjut pembuatan standard operating procedure (SOP) penanganan bencana menjadi salah satu hal yang dibicarakan.

''Saya berkoordinasi dengan Ngarsa Dalem terkait bagaimana menanggulangi bencana di DIY, sekaligus memperkenalkan diri. Alhamdulilah Pak Gubernur menerima kedatangan saya ke sini,'' ungkap Wahyu Efendi usai pertemuan.

Bhiwara menambahkan kunjungan tersebut bertujuan untuk menindaklanjuti perlunya SOP Penanganan Bencana. “Beberapa hal yang tadi akan kita tindaklanjuti terkait perlunya penyusunan SOP untuk mencarian dan penyelamatan. SOP  standar, karena ketika berada di Lombok pun kemarin itu pemahaman tentang SOP masih kurang,'' ujar Bhiwara.

Bhiwara mengungkap perlunya kegiatan pelatihan terkait dengan evakuasi bencana.  Dalam hal ini menurut dia perlu kolaborasi antara Basarnas dengan BPBD untuk mengembangkan keterampilan dan pengertahuan terkait evakuasi.

”Yang kedua, kita semangatnya besar potensinya juga banyak tapi perlu dilengkapi dengan keterampilan dan pengetahuan tentang evakuasi. Nanti akan kita kolaborasikan dengan Basarnas untuk melakukan pelatihan, baik di air maupun terkait gawat darurat,'' tambahnya. (*/ld)

HUMAS DIY