Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 75302 suara dari 95209 suara
79%
Tidak: 19907 suara dari 95209 suara
21%

Gubernur DIY: Kisah Nabi Ibrahim Teladan Pendidikan Keluarga

22 Agustus 2018 - 00:00

Yogyakarta (22/08/18) jogjaprov.go.id –  Paska menunaikan sholat Idul Adha 1439 Hijriyah di Alun-alun Utara Rabu (22/8), Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menghadiri silaturahmi Ulama-Umara di Gedung PDHI Sasonoworo.  Pada kesempatan ini Sri Sultan menyampaikan bahwa kisah Nabi Ibrahim dan Ismail AS adalah teladan pendidikan keluarga yang baik.

''Keberhasilan seorang anak terletak pada orang tua dalam membangun komunikasi.  Ini dicontohkan dalam kisah Ibrahim AS bersama anaknya Ismail AS.  Adanya dialog dan komunikasi merupakan kunci keberhasilan pendidikan keluarga,'' kata Ngarsa Dalem.

Ibadah qurban, menurut Ngarsa Dalem, adalah wahana untuk meningkatkan solidaritas dan mengurangi kesenjangan sosial. Selain itu, qurban juga dapat menghindarkan manusia dari kekufuran. 

Ngarsa Dalem berharap Idul Adha dapat membawa barokah agar bangsa Indonesia terselamat dari generasi pembenci dan dijauhkan dari perpecahan.  Momentum Idul Adha  juga diharapkan dapat menuntun bangsa ini agar senantiasa berada di jalan Allah Swt.

Pada akhir acara, Ngarsa Dalem didampingi Wakil Ketua DPRD DIY Arif Noor Hartanto dan beberapa pejabat lain bersalaman dengan seluruh hadirin. 

Sebelumnya, pada pelaksanaan sholat Idul Adha di Alun-alun Utara, Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi selaku imam dan khotib menekankan bahwa seseorang diwajibkan berani, tabah, cerdas dan konsisten walaupun menghadapi cobaan. 

''Becermin dari kehidupan Ibrahim, kita bisa memaknai Idul Adha sebagai ketaatan manusia terhadap perintah-Nya, tanpa keraguan,'' katanya. (*/je)silahturahmi bersama PDHI