KATEGORI


Arsip Berita

Gubernur DIY Sarankan Kredit Mikro untuk Kemandirian Desa

05 Desember 2018

Yogyakarta (5/12/2018) jogjaprov.go.id -- Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) D.I Yogyakarta Heru P Nugroho bersilaturahmi dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedhong Wilis, Kepatihan, Rabu (5/12).  Pada kesempatan ini Sri Sultan menyarankan agar kredit usaha mikro diarahkan untuk mendukung terwujudnya kemandirian desa.

“Kita sekarang menyasar kemandirian desa. Dengan begitu akan lebih merata dan tepat sasaran. Kalau (kemandirian desa) tercapai maka baru kita bicara mengenai kesejahteraan. Karena apabila berkompetisi dengan pelaku industri akan sangat sulit,” jelas Sri Sultan.

Terkait dengan hal tersebut Sri Sultan menginginkan ada MoU pemerintah dengan kabupaten/kota untuk bersama-sama merealisasikannya. 

Ditemui seusai pertemuan, Heru membenarkan bahwa kelanjutan program pemberdayaan UMKM di DIY memang menjadi inti perbincangan dengan Sri Sultan.

Kementerian Keuangan menurut Heru telah melakukan inisiasi skema baru kredit mikro dalam rangka meningkatkan dan membantu perekonomian para pelaku usaha di level sangat mikro.

“Program baru ini diarapkan mampu menolong pelaku usaha level mikro agar terhindar dari rentenir atau bank plecit.  Pemerintah hadir dengan pembiayaan murah,'' katanya.

Usaha kredit mikro menggandeng lembaga penyalur yaitu Pegadaian dan PT Bahana Arta Ventura serta Permodalan Nasional Madani (PNM).  Pengajuannya terbilang sangat mudah. Hanya denga KTP, Surat Izin Usaha Mikro, serta jaminan BPKB motor.

“Bukan hanya mudah syaratnya, namun juga nanti akan ada pendampingan dari kita, sehingga pelaku usaha ini menjadi lebih terarah,” sambungnya. (uk)

HUMAS DIY