Gubernur Resmikan Stadion Mandala Krida Baru

Yogyakarta (10/1/19) jogjaprov.go.id- Stadion Mandala Krida Yogyakarta, salah satu stadion kebanggaan masyarakat Yogyakarta yang telah selesai direnovasi, diresmikan langsung oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, dan berganti nama menjadi Stadion Mandala Krida Baru pada Kamis (10/1) pagi.

Kepala Dinas Dikpora DIY Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji menyampaikan laporan bahwa pembangunan renovasi Mandala Krida Baru dimulai dari tahun 2012 untuk perencanaan, sedangkan untuk pembangunan kontruksi dimulai tahun 2013 dan selesai tahun 2018 secara bertahap. Beberapa venue yang dimiliki stadion ini adalah venue untuk panjat dinding, bola volly pasir, bola basket outdoor, arena sepatu roda, arena balap motor, lapangan sepak bola, sirkuit atletik bertaraf internasional, serta mushola. Untuk proyeknya sendiri, dana yang ditelan adalah sejumlah Rp. 174.447.686.384,00. Tak hanya behenti di sini saja, tahun 2020 nanti pihaknya menyebutkan akan ada lagi rencana pengadaan barang untuk melengkapi venue.

“Nanti tahun 2020 rencananya kita akan mengadakan pengadaan lampu stadion, lampu penerangan jalan, kursi tribun, videotron score board serta foodcourt, mohon doa dan dukungannya,” tutup Baskara Aji.

Dalam sambutannya Gubernur DIY menuturkan bahwa Stadion Mandala Krida Baru adalah manifestasi sportivitas para pelaku olahraga. Sportivitas sendiri merupakan napas budaya yang harus hidup dan ditumbuhkembangkan khususnya dalam bidang olahraga. Selain itu Sri Sultan berpesan agar stadion ini dikelola secara profesional karena keberlangsungan stadion ini merupakan wadah bagi kegiatan olahraga serta olah jiwa pada pertandingan level apapun, baik level terendah hingga level internasional. Selain itu, Ngarsa Dalem meminta agar Stadion Mandala Krida Baru harus bebas dari tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab yang mengganggu dinamika sportivitas dan merusak citra Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Ingat, keindahan dalam venue stadion harus dijaga dan dirawat, karena itu juga sangat mencerminkan sportivitas para satriya yang sesungguhnya,” pesan Sri Sultan. 

Dalam rangkaian acara tersebut, Sri Sultan juga mengimbau masyarakat untuk ikut serta menunjukan citra DIY yang sportif kepada Indonesia dan dunia dengan mencetak prestasi yang setinggi-tingginya dan mengharumkan nama Indonesia khususnya Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Kibarkan panji-panji sportivitas yang bermoral dan berperspektif humanity dalam sudut stadion ini, rawat dan ramaikan,” ujar Sri Sultan.

Peresmian ditandai dengan penanda tanganan Prasasti yang dilakukan oleh Gubernur DIY yang didampingi oleh Kepala Dinas Dikpora DIY Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji, dan dilanjutkan dengan pemotongan rangkaian bunga oleh Gubernur DIY didampingi Kepala Kejaksaan Tinggi DIY Erbagyo Rohan, S.H.,M.H. Sri Sultan juga menyempatkan diri berkeliling ke sejumlah venue yang ada di Stadion Mandala Krida Baru. Ngarsa Dalem juga berkesempatan melakukan tembakan start lomba lari kategori 900 m putera-puteri dalam Kejuaraan Atletik Bank BPD DIY Championship Ke-4, kerjasama PASI DIY dan Bank BPD DIY. (uk)

HUMAS PEMDA DIY