Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 59641 suara dari 75913 suara
79%
Tidak: 16272 suara dari 75913 suara
21%

Panduan Perguruan Tinggi

06 Desember 2010 - 00:00

Yogyakarta sejak dulu dikenal sebagai Kota Pelajar dan Kota Pendidikan karena beragamnya fasilitas pendidikan di kota ini. Keberagaman ini membuka kesempatan bersekolah ke jenjang perguruan tinggi (PT). Begitu banyaknya perguruan tinggi di provinsi ini memungkinkan seluruh pelajar memilih PT manapun yang bersesuaian dengan minat, bakat, dan kompetensi denga tetap mempertimbangkan faktor-faktor sosial ekonominya.

Secara umum, kita diharapkan memenuhi syarat utama menuju jenjang PT, yaitu lulus pendidikan sekolah menengah. Dengan demikian ada dua cara, yaitu lulus Ujian Akhir Nasional atau lulus ujian penyetaraan (Paket C).

PT di Yogyakarta tidak pernah secara spesifik membatasi usia bagi calon mahasiswanya saat pendaftaran. Dengan demikian selalu dimungkinkan orang-orang yang telah bekerja, berusia di atas tahun pendidikan, dan sebab lainnya untuk mengenyam pendidikan PT. Akan tetapi, pada umumnya batas lama pendidikan di PT (misalnya S1), disarankan kurang dari 3,5 tahun.

Terkait dengan kondisi di atas, di Yogyakarta banyak PT yang menyediakan kelas-kelas ekstensi, akhir pekan, atau kelas malam yang mengakomodasi kebutuhan PT bagi mereka yang telah bekerja.

Secara lengkap informasi PT dapat diraih di tautan Disdikpora yang berisi direktori sekolah dan perguruan tinggi di Yogyakarta.