Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 10548 suara dari 11340 suara
93%
Tidak: 792 suara dari 11340 suara
7%

Profil Sektoral Pariwisata

06 Desember 2010 - 00:00

 

Keaneka-ragaman wisata di Provinsi DIY kini menjadi perhatian dunia. selain menyimpan banyak keunikan, potensi pariwisata di DIY selama ini memang menjadi inspirasi banyak kalangan, khususnya wisatawan asing yang setiap tahun berkunjung di daerah ini.

Provinsi DIY tidak hanya diberi kekayaan keindahan alam yang eksotik, namun juga kerajinan alami, panorama desa wisata yang indah dan beberapa bangunan heritage yang hingga kini masih terawat rapi. Semua ini memberi kesan, bahwa Jogjakarta layak menjadi sebuah the world destination.

Untuk mencapai beberapa lokasi obyek wisata di DIY juga sangat mudah. Selain dukungan transportasi jalan yang mulus, juga tersedianya sarana bandara udara Adi Sucipto maupun Stasiun Tugu dan tentu saja terminal bus antar provinsi di Giwangan. Akses transportasi bagi provinsi DIY memiliki peran sangat strategis, karena kondisi geografis DIY yang kecil tentu membutuhkan dukungan infrastruktur yang memadai.

Pariwisata DIY dari tahun ke tahun tersu mengalami peningkatan pesat. Jumlah kunjungan wisatawan baik domestik maupun asing pun terus meningkat, seiring layanan dan informasi yang dibangun untuk mendukung promosi pariwisata di daerah ini, tentu akan semakin banyak investor maupun wisatawan datang ke Jogjakarta.

Meski dogoncang beberapa kali bencana termasuk gempa bumi maupun erupsi Gunung Merapi beberapa waktu lalu, toh tidak mengendurkan semangat banyak wisatawan untuk terus datang di Jogjakarta. Kawasan Kaliurang yang berhawa sejuk memang menjadi impian banyak wistawan untuk ber-week-end di Kaliurang. Selain menikmati panorama pemandangan yang indah, wisatawan juga bisa menikmati gemersik air jernih dan ikan yang bermain di kolam banyak desa wisata di lereng Kaliurang dan sekitarnya.

Desa Wisata dengan potensi kerajinan alami dan kepiawaian banyak pengelola kerajinan di daerah ini telah meningkatkan daya tarik pariwisata DIY di mata dunia.

Selamat datang di obyek wisata DIY. Semua terbentang eksotik dari Kulonprogo dengan keindahan pantai Glagah, Desa wisata, dan sentra kerajinan alami kemudian Kabupaten Bantul dengan keindahan alam pantai Parang tritis serta pernik motif batik alami di sekitar Imogiri. Berikutnya Kabupaten Sleman dengan kekayaan dan potensi alam yang sudah tidak bisa dihitung lagi, Kota Jogjakarta dengan Kraton, Taman Pintar dan beberapa obyek menarik lain serta Kabupaten GunungKidul yang selalu setia dengan potensi Karts, Goa alami serta banyak makanan kuliner berkelas yang bermula dari daerah pegunungan selatan Jogjakarta ini.