Berita Terkait


Polling

Apakah website ini membantu?

Apakah website ini membantu?

Ya: 58348 suara dari 74344 suara
78%
Tidak: 15996 suara dari 74344 suara
22%

WAYANG SEBAGAI WARISAN DUNIA

06 November 2017 - 00:00

YOGYAKARTA. (5/11/2017) – jogjaprov.go.id- Malam Perayaan Wayang Sebagai Warisan Budaya Dunia adalah rangkaian acara Jogja International Heritage Festival 2017, dilaksanakan pada Minggu 5 November di Plaza Monumen Serangan Umum 1 Maret Yogyakarta.

Pagelaran Wayang Sebagai Warisan Budaya dunia ini mengambil tema  Wayang Preman  yang  dihadiri oleh Dr. Ir.  Didik Purwadi, M.Ec selaku Asisten Keistimewaan Sekda DIY, dan Singgih Raharjo, SH. M. Ed selaku Wakil Kepala Dinas Kebudayaan DIY.

Dalam sambutan dari Wakil Kepala Dinas Kebudayaan DIY Singgih Raharjo, SH.M.Ed menyampaikan  bahwa  pada tahun ini, Jogja International Heritage Festival 2017 (JIHF) mengambil tema Wayang yang telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO pada tahun 2003. Setelah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia  maka harus ada aktifitas – aktifitas  dalam rangka untuk melestarikan  budaya wayang itu sendiri, dan tahun ini JIHF mengambil tema wayang karena ada tiga  kekayaan Indonesia yang telah menjadi warisan budaya dunia yaitu  keris, batik, dan wayang.

Penampilan Tari Sekar Widiastuti memulai serangkaian acara Pagelaran Wayang Preman yang menceritakan tentang keberagaman, gotong royong meramu  antara tradisi kontemporer populer yang menjadi satu. (put)