11 Agt 2022
  Humas DIY Berita, Agenda Kegiatan,

Digelar Sebulan Penuh, Pameran UKM Meriahkan Peringatan Satu Dasawarsa UUK DIY

Yogyakarta (10/08/2022) jogjaprov.go.id – Peringatan Satu Dasawarsa Undang-undang Keistimewaan (UUK) DIY Nomor 13/Tahun 2012 akan berlangsung selama satu bulan, dimulai sejak 10 Agustus 2022-10 September 2022. 

Peringatan ini dimeriahkan pula dengan penyelenggaraan berbagai kegiatan di seluruh wilayah DIY, salah satunya Gelar Produk Unggulan UKM Istimewa 2022 yang diselenggarakan di Eks Hotel Mutiara 1, Malioboro, Yogyakarta.

Seremonial pembukaan Gelar Produk Unggulan UKM Istimewa 2022 ini dilakukan dengan pemotongan pita oleh Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji pada Rabu (10/08) malam. Adapun, selepas kegiatan tersebut dibuka secara resmi, Aji sekaligus meninjau berbagai produk yang ditampilkan. Gelar Produk Unggulan UKM Istimewa 2022 ini dapat dikunjungi masyarakat mulai pukul 10 pagi hingga 9 malam selama satu bulan ke depan.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) DIY Srie Nurkyatsiwi saat ditemui Rabu (10/08) malam di Gerbang Barat Kepatihan, Jalan Malioboro, Yogyakarta, menuturkan bahwa sudah semestinya momentum Peringatan Satu Dasawarsa UUK DIY merefleksikan terkait hal-hal yang sudah dilakukan atau terwujud melalui dana keistimewaan.

Dari Diskop UKM DIY, salah satu contoh penggunaan dana keistimewaan ditunjukkan melalui Gelar Produk Unggulan UKM Istimewa 2022 ini. Gelaran ini diseleggarakan untuk menampilkan dan mengenalkan berbagai produk-produk UMKM di DIY yang merupakan hasil pembinaan melalui dana keistimewaan.

“Kami di Diskop UKM DIY, mengkoordinasi bagaimana meningkatkan kapasitas UMKM, maka kali ini kami menampilkan produk-produk hasil binaan melalui dana keistimewaan. Jadi bisa kita buktikan, setelah kita lakukan pembinaan melalui dana keistimewaan ada perubahan di situ,” ujar Siwi.

Dikatakan Siwi, Gelar Produk Unggulan UKM Istimewa 2022 tersebut juga menampilkan produk-produk UMKM DIY yang berada di bawah koordinasi beberapa OPD, seperti Dinas Pariwisata DIY, DP3AP2 DIY, Dinas Kebudayaan DIY, Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY, Dinas Pertanian DIY, dan OPD terkait lainnya. Dengan demikian, Gelar Produk Unggulan UKM Istimewa 2022 pun diibaratkan Siwi seperti mini mall karena menampilkan berbagai produk-produk dari beberapa UMKM yang ada di DIY sebagai wujud sinergi dan kolaborasi dari OPD DIY terkait.

“Kali ini UKM (di DIY) menjadi satu. Kita jadikan satu kayak mini mall ya. Jadi kalau bisa dengan area yang tidak begitu luas, kita optimalkan untuk menampung beberapa UMKM. Kita dorong UMKM-UMKM ini juga membawa kartu nama usaha mereka saat pameran, jadi juga ikut mempromosikan,” terang Siwi.

Lebih lanjut disebutkan Siwi bahwa dalam kurun waktu satu bulan ke depan, penyelenggaraan Gelar Produk Unggulan UKM Istimewa 2022 mengangkat tiga tema. Tema pertama adalah Jogja Jadoel yang berlangsung mulai tanggal 10-19 Agustus 2022. Tema kedua, yaitu Herbal dan Natural yang berlangsung dari tanggal 20-30 Agustus 2022, sementara tema ketiga, yakni Kopi dan Coklat yang berlangsung pada 31 Agustus-10 September 2022.

Selain menampilkan produk-produk unggulan UKM, turut disediakan pula fasilitas-fasilitas konsultasi dari berbagai OPD DIY terkait. Seperti hadirnya Pusat Layanan Usaha Terpadu–KUMKM (PLUT – KUMKM DIY) Dinas Koperasi dan UKM DIY dan Layanan TeSAGa DIY DP3AP2 DIY.

“Misalnya, mau konsultasi bagaimana bisa masuk ke SiBakul, ya kita bisa ada fasilitasi di situ. Atau nanti dari Disperindag DIY bisa konsultasi HAKI. Ini kan juga menjadi bagian dana keistimewaan untuk memfasilitasi terkait dengan kebutuhan. Jadi kita hadir untuk menjawab permasalahan yang ada di lapangan,” jelas Siwi.

Serangkaian kegiatan Workshop Seni Budaya juga turut diselenggarakan di Eks Hotel Mutiara 1, Jalan Malioboro No. 18 Yogyakarta. Seperti workshop Moekti Seni Rupa yang dilaksanakan pada tanggal 10, 13, 14, 20, 21, 28, 29 Agustus dan tanggal 3-4 September 2022 yang dimulai pukul 13.00-17.00 WIB. 

Terdapat pula Workshop Klinik Aksara pada tanggal 10, 13, 14, 20, 21, 28, 29 Agustus dan 3-4 September 2022 yang dimulai pukul 10.00 hingga 19.00 WIB. Selain itu, pun terdapat workshop Aksara & Pameran Merchandise, workshop Wayang Suket, workshop Clay Puppet Makin, dan workshop Hand Lettering. (Han/Ad/Jhn/Tfk)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: